TechnoBusiness News
Taffware, Merek Lokal yang Agresif di Pasar Online
Published
4 years agoon
Semua orang mengira Taffware merupakan merek asal China. Tapi, ternyata asli Indonesia.
Jakarta, TechnoBusiness ID • Jika mencari peralatan elektronik dan rumah tangga serta aksesorinya yang berharga murah di marketplace-marketplace Tanah Air, Anda pasti akan menemukan merek Taffware.
Baca Juga: “Pembersih Sampah Plastik Nirawak Inovasi Kami Meraih Penghargaan Internasional”
Sejumlah produk seperti timbangan kaca elektronik Taffware Digipounds, pengharum ruangan berbahan kayu Taffware Aromatherapy Air Humidifier, dan perlengkapan rekaman Taffware/TaffStudio Microphone Condenser, hanya sedikit di antara ratusan jenis produk bermerek Taffware.
Yang menarik, semua orang mengira Taffware merupakan merek asal China. Maklum, produk-produk berharga murah memang identik dengan merek dari Tirai Bambu.
Nyatanya, Taffware merek asli Indonesia, walau memang produk-produknya tetap berasal dari Tiongkok.
Menurut William, Brand Development Taffware Indonesia, merek Taffware diluncurkan pada 2012. Selain perlengkapan rumah tangga, Taffware memasarkan aksesori gadget, peralatan foto dan videografi, alat kesehatan, dan elektronik.
Baca Juga: Estubizi Tawarkan Paket Virtual Office Rp300.000 per Bulan
“Masing-masing kategori produk tersebut kemudian diperkenalkan melalui kumpulan merek spesifik [sub-merek] di bawah naungan Taffware,” ungkapnya.
Merek Taffware diluncurkan pada 2012.
Setahun lalu, Taffware mengelompokkan kategori-kategori produknya menjadi tujuh sub-merek.
Ketujuh sub-merek itu, antara lain TaffSport untuk peralatan olahraga dan luar ruang, Humi by Taffware untuk produk pelembab, TaffLED untuk produk lampu dan pencahayaan.
Lalu, ada TaffStudio untuk perlengkapan fotografi, Taffware Digipounds untuk produk timbangan, TaffGuard untuk produk kunci dan keamanan, dan TaffPack untuk produk kemasan plastik.
Baca Juga: Waresix Raih Pendanaan Seri B Senilai US$100 Juta
William menjelaskan, tujuan dari pengembangan Taffware melalui sub-sub merek adalah untuk memperluas jangkauan produk di pasar dalam negeri.
“Keunggulan dari Taffware sendiri, yaitu sebagai merek lokal yang menyediakan berbagai macam pilihan barang dengan konsep ‘serba ada’, tapi memberikan penawaran dengan harga termurah,” ungkap William.
Jika mencarinya di marketplace-marketplace, Anda akan menemukan produk Taffware seharga bahkan di bawah Rp100.000. Meski harganya murah, kata William, kualitas dan orisinalitasnya terjamin.
Baca Juga: Oracle dan Walmart Miliki 20% Saham TikTok Global
Pengembangan Taffware melalui sub-sub merek demi memperluas jangkauan pasar.
Untuk menyukseskan strategi online selling itu, Taffware pun menjadi merchant di Tokopedia dan Jakmall serta mempunyai beberapa agen reseller di marketplace lain.
Ke depan, William mengungkapkan, Taffware bertekad ingin menghadirkan alternatif produk bagi konsumen dengan harga murah lebih banyak.
Dengan cara itu, konsumen tidak perlu lagi pergi ke toko-toko konvensional (offline) untuk membeli produk-produk peralatan elektronik, rumah tangga, aksesori gadget, dan semacamnya.
Baca Juga: Teddy Tjandra Pimpin RealVantage Indonesia
Untuk sub-merek TaffSport, misalnya, berencana akan memperkenalkan sepeda listrik sebagai jawaban atas tren pasar saat ini.•
—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID • Foto: Taffware
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.