TechnoBusiness News
KitaBeli Dapat Suntikan Dana Seri B Senilai US$20 Juta
Platform social commerce KitaBeli meraih pendanaan Seri B senilai US$20 juta dari Glade Brook Capital Partners.
Published
2 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● KitaBeli, platform perdagangan sosial (social commerce) produk-produk fast-moving consumer goods (FMCG) untuk pasar tier 2 dan 3 di Indonesia, hari ini mengumumkan telah meraih pendanaan Seri B senilai US$20 juta.
Pendanaan itu diperoleh dari investor terdahulu seperti AC Ventures dan GoVentures serta investor baru InnoVen Capital yang dipimpin oleh Glade Brook Capital Partners. Pendanaan itu akan digunakan untuk ekspansi pasar nasional yang lebih luas dan meluncurkan produk baru.
Baca Juga: Indahnya Jalur Kereta yang Melingkari Gurun Pertama di Dunia
Manajemen KitaBeli menyatakan ekspansi dilakukan pada waktu yang tepat karena kota-kota tier 2 dan 3 memiliki potensi pasar lebih dari US$100 miliar dengan lebih dari 200 juta konsumen yang berkontribusi hingga 50% Produk Domestik Bruto.
“Dengan memanfaatkan jaringan sosial offline dari pemimpin komunitas lokal atau mitra, kami dapat menjangkau ribuan pengguna baru yang melakukan pembelian secara online untuk pertama kalinya dalam hidup mereka,” kata co-founder dan CEO KitaBeli Prateek Chaturvedi.
Kinerja KitaBeli tumbuh 10 kali lipat dalam enam bulan terakhir.
Strategi itu telah membantu KitaBeli untuk membangun loyalitas pelanggan sekaligus memberikan margin jangka panjang yang lebh baik ketimbang kompetitor. Kapital dan pengalaman Glade Brook Capital Partners memperkuat keunggulan tersebut.
Linda Guo, partner di Glade Brook Capital Partners, mengungkapkan perusahaannya tertarik untuk mengucurkan pendanaan Seri B bersama AC Ventures, GoVentures, dan InnoVen Capital, karena percaya akan ada gelombang pertumbuhan e-commerce berikutnya di Indonesia.
Baca Juga: Jumlah Pengguna Flip per Semester 1/2022 Capai 10 Juta Orang
Gelombang pertumbuhan e-commerce itu, kata dia, didorong oleh permintaan pasar dari luar kota-kota besar. “Pemenangnya perusahaan baru dan inovatif seperti KitaBeli yang membawa hubungan mendalam dengan pemimpin komunitas lokal dan kelas menengah,” ujarnya.
Kinerja KitaBeli
KitaBeli, yang membuat pengguna dan Mitra mendapatkan diskon serta memperoleh pendapatan dengan memanfaatkan jejaring sosial mereka, mengusung model bisnis perdagangan sosial bersifat direct-to-consumer yang menawarkan pembeli bahan pokok kebutuhan sehari-hari.
Baca Juga: Truecaller Luncurkan Aplikasi Percakapan Audio Open Doors
KitaBeli, yang didirikan pada Maret 2020, terus mencatatkan kinerja yang baik. Dalam enam bulan terakhir, kinerja KitaBeli tumbuh 10 kali lipat—dan mengklaim sudah menjadi platform social commerce terbesar di Indonesia. Pendanaan baru diyakini akan melipatgandakan kinerja tersebut ke depan.●
—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto: KitaBeli
You may like
-
Infor Positioned as a Leader in the 2024 Gartner Magic Quadrant for Cloud ERP
-
Pemasaran Aplikasi Seluler di Asia Tenggara Cukup Potensial
-
Inilah Daftar Pemenang Smarties Indonesia Awards 2024
-
MMA Impact Indonesia 2024 Soroti Dampak Mendalam Digitalisasi
-
Laba Bersih BCA Digital pada Kuartal 3/2024 Tumbuh 532,7%
-
Synnex Metrodata Indonesia Jadi Distributor Devo Technology
-
BPA Broker Hadirkan Solusi Telekonsultasi Kesehatan dr. Barron
-
IBM AI in Action Report Identifies Key Characteristics of Businesses
-
Pengiriman Tablet Jelang Musim Liburan Secara Global Naik 11%