Connect with us

Automotive

Membaca Roadmap Astra International Setelah Berusia 60 Tahun

Published

on

  • Astra International mampu bertahan hingga setengah abad lebih karena memegang tiga roadmap, antara lain portfolio roadmap, people roadmap, dan public contribution roadmap.
  • “Kami akan terus berinovasi berlandaskan nilai-nilai yang kami harapkan dapat terus berkembang sesuai perkembangan zaman.”

 

JAKARTA – PT Astra International Tbk., salah satu perusahaan terbesar di Indonesia, baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke-60. Selama enam dekade itu, kelompok bisnis dengan aneka usaha tersebut begitu kokoh berkembang hingga bisa dikatakan sulit tertandingi. Bagi perusahaan tersebut, kuncinya yaitu membangun bersama bangsa.

Menurut Presiden Direktur Astra International Prijono Sugiarto, cita-cita Astra yang sejahtera bersama bangsa menjadi faktor penentu perusahaan mampu bertahan hingga saat ini. “Selama 60 tahun perjalanannya, Astra telah melewati berbagai situasi dan kondisi ekonomi serta sosial, juga beberapa kali mengalami perubahan kepemimpinan,” katanya.

Meski demikian, lanjutnya, Astra memiliki nilai-nilai luhur dari Catur Dharma yang tidak pernah hilang dan selalu dipertahankan. “Kami akan terus berinovasi berlandaskan nilai-nilai yang kami harapkan dapat terus berkembang sesuai perkembangan zaman,” jelasnya.

Dalam jangka panjang, Astra mengusung Triple Roadmap Strategy dalam bisnisnya, yakni Portfolio Roadmap, People Roadmap, dan Public Contribution Roadmap. Astra terus membangun tahapan-tahapan pertumbuhan bisnis secara berkelanjutan menuju Goal 2020 sebagai Pride of the Nation.

Pertama, Portfolio Roadmap. Hingga usianya yang ke-60, Astra telah memilii 208 perusahaan dan melayani lebih dari 10 juta konsumen setiap tahunnya. Yang terbaru, pada 2016 Astra mengembangkan Divisi Properti sehingga menambah total tujuh lini bisnis, antara lain otomotif, jasa keuangan, alat berat dan pertambangan, agribisnis, teknologi informasi, infrastruktur, logistik, dan properti.

Kedua, People Roadmap. Astra yang semula hanya memiliki empat karyawan kini telah berkembang menjadi 214.835 karyawan yang tersebar di seluruh Indonesia. Untuk menghasilkan karyawan yang berkualitas, Astra menyediakan pelatihan secara konsisten dan komprehensif, mulai dari level dasar hingga level senior eksekutif.

Pelathan-pelatihan Astra itu terangkum dalam Leadership Development Program yang dikembangkan berdasarkan kebutuhan organisasi, nilai-nilai Catur Dharma, dan 8 Leadership Competence Astra. Selain itu, sejak 1982 Astra juga mengembangkan InnovAstra sebagai budaya inovasi dan improvement oleh insan Astra yang hasilnya mencapai 7.390.385 proyek inovasi.

Ketiga, Public Contribution Roadmap. Astra juga memedulikan lingkungan sekitar dan karyawannya untuk mewujudkan aspek keseimbangan. Astra pun melibatkan 208 perusahaannya berkontribusi terhadap lingkungan melalui sembilan yayasannya, antara lain Yayasan Toyota Astra, Yayasan Dharma Bhakti Astra, Yayasan Astra Bina Ilmu, Yayasan Astra Honda Motor, Yayasan Amaliah Astra, Yayasan Pendidikan Astra Michael D. Ruslim, Yayasan Karya Bakti United Tractors, Yayasan Astra Agro Lestari, dan Yayasan Insan Mulia Pama.**

Advertisement

Vino Darmawan, TechnoBusiness Indonesia ● Foto-Foto: Astra International