Finance
Cetak Penjualan Rp3,3 Triliun, Laba Bersih M Cash Naik 741,1%
Published
6 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● PT M Cash Integrasi Tbk. (IDX: MCAS), perusahaan layanan kios digital yang didirikan pada 2010, berhasil mencetak penjualan senilai Rp3,3 triliun selama sembilan bulan pertama 2018.
Itu berarti, penjualan perusahaan yang melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO) pada awal November 2017 naik 300,5% dibanding setahun lalu.
Baca Juga: Mengawali Tahun Fiskal 2019, Microsoft Raup Pendapatan US$29,1 Miliar
Penjualan yang gemilang itu ditorehkan setelah M Cash per September sukses menambah titik distribusinya hingga 121,4% menjadi 43.853 dari 19.804 titik pada periode yang sama tahun lalu.
NFC sukses menambah pelanggan dari 918 pada Juni menjadi 1.800 pada September 2018.
Perluasan implementasi teknologi kios digital ke bidang logistik juga mendongkrak angka penjualan perusahaan.
Dalam merambah ke layanan logistik, M Cash berkolaborasi dengan perusahaan milik negara PT Pos Indonesia.
Kolaborasi itu menghasilkan layanan kemitraan multibiller POS PAY dan digital locker M-BOX POS. POS PAY mendistribusikan lebih dari 300 jenis produk biller PPOB melalui 4.800 jaringan kantor pos dan 40.000 agen pos.
Baca Juga: Strategi Jet Commerce Taklukkan Pasar E-commerce
Sementara itu, M-BOX POS, digital locker untuk pengiriman dan pengambilan barang logistik, memanfaatkan 24.000 titik layanan yang tersebar di seluruh Indonesia.
Sumbangsih Anak Perusahaan
Kinerja penjualan yang tumbuh tiga kali lipat pada tiga kuartal pertama 2018 juga tak luput dari kesuksesan PT NFC Indonesia Tbk. (IDX: NFCX), anak perusahaannya.
Kinerja Penjualan PT M Cash Integrasi Tbk. per September 2018
Sebagai penyedia bursa pulsa digital, NFC sukses menambah pelanggan dari 918 pada Juni menjadi 1.800 pada September 2018. Pertumbuhan pelanggan itu mencetak penjualan 16 kali lipat dari Rp44,1 miliar pada Juni menjadi Rp697,9 miliar pada September.
Di ranah bisnis media televisi digital, Oona TV yang dimiliki NFC berhasil menarik 1,4 juta pelanggan per 22 Oktober lalu, tiga bulan setelah peluncuran.
Baca Juga: Inilah Pendorong Laba Bersih NFC Melonjak 182 Kali Lipat
Lalu, lini bisnis digital cloud advertising-nya, yakni PT Digital Marketing Solution, menyumbang pendapatan sebesar Rp8,7 miliar dengan laba kotor Rp5,9 miliar.
Gowes, platform dan aplikasi bike-sharing yang diluncurkan pada Mei 2018, telah mencatatkan 18.000 pengguna aktif per September, naik dari 10.000 pengguna pada satu bulan sebelumnya.
Atas kinerja keuangan konsolidasi yang baik itu, menurut pernyataan resmi perusahaan yang diterima TechnoBusiness Indonesia pada Senin (29/10), M Cash meraup laba bersih sebesar Rp60,7 miliar, naik 741,1% dibanding setahun lalu.●
—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: M Cash