Oleh Piyush Bhatia
Vice President Shareit Asia Pacific
•••
TechnoBusiness Opinion • Suatu hal yang tidak terbantahkan jika COVID-19 dan penerapan pembatasan sosial memberi dampak luar biasa terhadap konsumsi hiburan secara digital di dunia.
Pada 2020, konsumsi digital mengalami peningkatan tajam yang belum pernah terjadi sebelumnya.
Baca Juga: Go…Go… GoUli… Oleh Hadi Kuncoro
Laporan e-Conomy oleh Google, Temasek, dan Bain & Co baru-baru ini menunjukkan bahwa 1 dari 3 orang mencoba layanan digital baru karena terjadinya pandemi COVID-19, dan 94% dari mereka berniat untuk melanjutkan kebiasan baru tersebut.
Di Indonesia, ekonomi internet telah mencapai nilai US$44 miliar, meskipun dihadapkan dengan situasi yang menantang selama 2020. Hal ini juga didukung oleh pertumbuhan media online sebesar 24% sejak tahun lalu.
Rata-rata orang Indonesia menghabiskan 4,7 jam penggunaan internet setiap harinya, dan kami melihat tren ini akan tetap berlanjut bahkan setelah nantinya mobilitas dan pembatasan terkait COVID-19 dilonggarkan.
Baca Juga: Benang Kusut Pandemi COVID-19 di Industri Telekomunikasi Oleh Herfini Haryono
[perfectpullquote align=”left” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Ekonomi internet dan industri konten digital akan terus berkembang signifikan dengan cara yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.[/perfectpullquote]
Hal ini membuka kesempatan bagi platform konten distribusi untuk menjawab kebutuhan konsumen, khususnya di Indonesia.
Dengan 175,4 juta pengguna internet saat ini, platform konten distribusi diharapkan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan mulai dari hiburan, gaming, bahkan live streaming.
Oleh karena itu, para pemain pasar di seluruh platform video harus mampu memberikan pengalaman yang mengesankan kepada para pengguna mereka.
Misalnya, dengan menyajikan berbagai konten dan pilihan durasi video, berfokus pada teknologi terkini.
Tentunya jug menyuguhkan berbagai konten baru dan menarik—menjadikan platform konten distribusi sebagai wadah yang menggabungkan konten lokal dengan teknologi global.
Baca Juga: Soal Pelanggaran Data Pemilu Oleh Yeo Siang Tiong
Sebagai perusahaan teknologi terkemuka dengan basis pengguna lebih dari 1,8 miliar orang, Shareit memiliki cita-cita agar konten digital dapat diakses oleh semua orang.
Peningkatan durasi penggunaan internet saat ini menjadi hal yang lumrah. Rata-rata setiap orang mengkonsumsi internet selama 6 hingga 8 jam dalam sehari.
Melihat lonjakan konsumsi konten digital yang kuat, Shareit optimistis bahwa Indonesia sedang mengalami tren fenomenal dalam konsumsi konten digital.
Laporan terbaru dari Ericsson Mobility 2020 memperkirakan terdapat 220 juta pelanggan 5G pada akhir 2020, juga diperkirakan 380 juta pelanggan 5G akan datang dari kawasan Asia Tenggara pada 2026.
Baca Juga: 6 Strategi Bertahan Perusahaan dari Krisis Corona Oleh Andy Juniarso
[perfectpullquote align=”left” bordertop=”false” cite=”” link=”” color=”” class=”” size=””]Melihat lonjakan konsumsi konten digital yang kuat, Shareit optimistis bahwa Indonesia sedang mengalami tren fenomenal.[/perfectpullquote]
Pada paruh kedua tahun ini, kita telah melihat teknologi 5G diluncurkan di kawasan Asia Tenggara; dengan Thailand, Singapura dan Filipina sebagai wilayah yang memimpin, sementara Vietnam, Malaysia dan Indonesia akan segera mengadopsinya.
Menciptakan ekosistem berkelanjutan yang menyalurkan peluang bisnis dengan cara organik akan menjadi peluang besar bagi para penyedia konten dan platform distribusi, terutama dengan pasar yang kuat di Indonesia.
Tidak dapat dimungkiri bahwa perekonomian juga akan didorong oleh pengguna internet seluler dan belanja iklan digital, termasuk di Indonesia.
Baca Juga: Jurus Merayu Pelanggan Telekomunikasi Masa Kini Oleh Andrew Tan
Dalam waktu dekat, teknologi seperti 5G yang menawarkan koneksi 1Gbps justru memungkinkan pengguna untuk merasakan pengalaman imersif saat mengonsumsi konten digital setiap hari.
Lonjakan konsumsi konten digital dan perilaku pengguna saat ini tidak akan berakhir, terutama untuk pasar Indonesia yang memiliki generasi muda dengan kebutuhan konten digital yang tak terhingga.
Kami percaya bahwa pada 2021, ekonomi internet dan industri konten digital akan terus berkembang signifikan dengan cara yang mungkin tidak terpikirkan sebelumnya.
Baca Juga: Misleading Advertisement Oleh Andy Juniarso
Publik akan menghabiskan lebih banyak waktu untuk menikmati konten digital karena hal ini telah menjadi salah satu bagian dari kehidupan mereka.
Karena itu, Shareit sangat antusias untuk menyambut pertumbuhan pengguna yang luar biasa dalam industri konten digital di wilayah negara berkembang.•
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe.