Tiga merek teknologi tumbuh signifikan dan merangsek ke jajaran teratas daftar merek paling bernilai di Tanah Air pada 2019.
Jakarta, TechnoBusiness TV ● Merek-merek paling bernilai di Indonesia (Most Valuable Indonesian Brands) masih didominasi oleh pemegang peringkat lama seperti Bank Central Asia (1), Bank Rakyat Indonesia (2), A Mild (4), Dji Sam Soe (7), Gudang Garam (9), dan Indomie (14).
Baca Juga: 10 Perusahaan Ritel Non-Toko Terbesar di Asia Pasifik 2019
Akan tetapi, merek-merek yang berbasis teknologi terus merangsek ke urutan teratas dengan pertumbuhan nilai merek (brand value) cukup signifikan.
Dalam daftar “Top 50 Most Valuable Indonesians Brand” yang dirilis BrandZ bekerja sama dengan konsultan pemasaran Kantar dan WPP pada Kamis (22/8), ada empat (4) merek teknologi masuk dalam 15 besar merek paling bernilai secara nasional.
Keempat merek itu, antara lain Telkomsel yang menempati urutan ke-3 dengan nilai merek US$7,32 miliar, yang berarti paling bernilai di antara merek-merek berbasis Teknologi di Tanah Air.
Baca Juga: Daya Saing “Data Center” Indonesia Nomor Buncit
Meski paling bernilai, pertumbuhan nilai merek Telkomsel justru turun 17% dibanding tahun lalu. Itu berbanding terbalik dengan tiga merek teknologi yang baru muncul (startup brands) seperti Gojek, Tokopedia, dan Traveloka.
Nah, berapa nilai merek Gojek-Tokopedia, dan Traveloka menurut penilaian tersebut? Simak ulasan TechnoBusiness TV berikut ini: https://youtu.be/xuSXjWDYyIw dan jangan lupa klik like, comment, share, dan subscribe!
Selamat berbisnis, selamat terinspirasi!
TechnoBusiness Media
No Business Without Technology