Connect with us

TechnoBusiness Insights

Hebat! BCA Jadi Merek Paling Bernilai di Asia Tenggara

BCA menjadi merek paling bernilai di Asia Tenggara menurut Kantar BrandZ Top 30 Most Valuable Southeast Asian Brands 2023.

Published

on

BCA, merek perusahaan perbankan yang bernilai US$23,5 miliar, menjadi merek termahal di Asia Tenggara untuk saat ini.

Jakarta, TechnoBusiness Insights ID Bank Central Asia (BCA), bank swasta terbesar di Indonesia, menjadi merek paling bernilai di Asia Tenggara. Dalam laporan Kantar BrandZ Top 30 Most Valuable Southeast Asian Brands 2023 baru-baru ini, nilai merek BCA mencapai US$23,5 miliar.

Nilai itu mengalahkan merek-merek besar di Asia Tenggara lainnya seperti DBS asal Singapura yang bernilai US$11,8 miliar (2); BRI asal Indonesia (US$8,7 miliar/3); UOB asal Singapura (US$7,2 miliar/4); AIS asal Thailand (US$6,8 miliar/5).

Baca Juga: Pendapatan Pasar Layanan Public Cloud Global Tumbuh 22,9%

Mandiri, bank asal Indonesia, menempati urutan ke-6 dengan valuasi senilai US$6,6 miliar; diikuti Telkomsel, juga dari Indonesia, senilai US$4,7 miliar (7); Shopee asal Singapura (US$4,6 miliar/8); Marina Bay Sands asal Singapura (US$4,4 miliar/9); dan True asal Thailand (US%3,1 miliar/10).

Advertisement

Dari ke-30 merek yang masuk dalam Kantar BranZ Top 30 Most Valuable Southeast Asian Brands 2023, kategori jasa keuangan menempati urutan pertama dengan perwkilan terbanyak, disusul merek dari kategori telekomunikasi, ritel, dan layanan pariwisata.

Indonesia menguasai porsi terbesar (43%) nilai valuasi merek dari Top 30 dengan delapan merek, disusul Singapura yang diwakili 10 merek (35%). Malaysia diwakili oleh tujuh merek (10%), diikuti Thailand, Vietnam, dan Filipina.  

Katie McClintock, Managing Director Kantar Asia Tenggara, mengatakan merek-merek terbaik di Asia Tenggara layak merayakan pencapaiannya. Merek-merek itu berkontribusi besar terhadap perusahaan yang berada di baliknya, terutama dalam menghubungkan konsumen dengan kebutuhannya.

Baca Juga: Mengungkap Penyebab Pengiriman PC Global Terus Turun

Merek-merek tersebut memiliki potensi pertumbuhan yang masif jika mampu memperluas keunggulannya di pasar lokal dengan merambah pasar Asia lain, bahkan global. “Sebuah merek harus memiliki andil yang besar, khususnya di tengah kondisi yang penuh gejolak,” tambah Adji Saputro, Head of Brand Guidance Solutions Kantar Asia Pasifik.

Teks: TechnoBusiness Insights ID

Advertisement

Data: Kantar, Juli 2023

Foto: BCA