Adi Kusma, Presiden Direktur PT Supra Primatama Nusantara (Biznet)

Adi Kusma, Presiden Direktur PT Supra Primatama Nusantara, membeberkan bagaimana strategi pengelolaan B2B customer loyalty program Biznet.

Jakarta, TechnoBusiness Exclusive Sejak didirikan pada 2000, jumlah pelanggan PT Supra Primatama Nusantara atau yang lebih dikenal dengan Biznet, penyedia infrastruktur digital terkemuka, terus tumbuh seiring meluasnya penggunaan internet di Tanah Air.

Adi Kusma, Presiden Direktur PT Supra Primatama Nusantara (Biznet)

Tahun ini saja Biznet menargetkan jumlah pengguna layanan internet, data center, cloud computing, dan IPTV-nya tumbuh hingga 40% dibanding tahun lalu. Pertanyaannya, bagaimana strategi Biznet dalam mencapai target itu?

Kepada TechnoBusiness, Kamis (22/6), Presiden Direktur Supra Primatama Nusantara Adi Kusma secara terang-terangan mengungkapkan strategi tersebut sekaligus menjelaskan bagaimana caranya mengelola B2B customer loyalty program Biznet.

Ingin tahu seperti apa detailnya? Simak kutipan wawancara eksklusif Purjono Agus Suhendro dari TechnoBusiness dengan Adi Kusma berikut ini:


Sekarang sudah melewati semester pertama, bagaimana kinerja Biznet jika dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu?

Pada 2021, di mana kita masih berada dalam kondisi pandemi, tentunya kebutuhan koneksi internet terus meningkat dan menjadi salah satu kebutuhan utama yang harus dimiliki oleh setiap orang.



Oleh karena itu, tahun ini kami fokus pada ekspansi jaringan di lebih banyak kota dan area di Indonesia agar lebih banyak masyarakat menikmati koneksi internet yang cepat dan stabil dari Biznet.

Saat ini, jaringan fiber optic kami telah mencapai 50.000 kilometer yang terpasang di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Indosat Ooredoo jadi Pengguna Teknologi SRv6 Cisco Pertama

Sebagai perusahaan infrastruktur digital terkemuka di Indonesia, berapa jumlah pelanggan Biznet saat ini?

Biznet Technovillage di Cimanggis, Jawa Barat

Tahun ini, jumlah pelanggan Biznet tumbuh sekitar 40%. Berdasarkan segmentasinya, 60% pelanggan kami berasal dari segmen B2B yang mencakup perusahaan besar, enterprise, UKM, dan startup. Sebanyak 40% pelanggan berasal dari segmen B2C atau pengguna residensial.

Baca Juga: ICS Compute, One Stop Solution Layanan Cloud

Untuk segmen B2B, kami memiliki layanan Biznet Data Center dan Biznet Gio Cloud yang menawarkan penyimpanan dan pengelolaan data perusahaan.

Pengelolaan pelanggan B2B biasanya berbeda dengan pelanggan B2C. Bagaimana strategi Biznet dalam mengelola pelanggan B2B? Adakah B2B customer loyalty program yang dijalankan Biznet?

Biznet menjalankan B2B customer loyalty program dalam bentuk berbagai promo seperti We Want You Back untuk pelanggan existing yang sudah terminasi dalam waktu enam bulan terakhir.

Kepada pelanggan tersebut, kami akan memberikan promo reconnect fee, promo beli 6 bulan gratis 1 bulan, beli 12 bulan gratis 12 bulan, dan promo instalasi.


Secara spesifik, sebenarnya apa tujuan dari B2B customer loyalty program bagi Biznet?

Dengan adanya B2B customer loyalty program dalam bentuk promo, tentunya kami berharap kerja sama antara Biznet dengan pelanggan terus berlangsung.

Selain itu, kami juga bisa saling mendukung satu sama lain, baik dari sisi layanan maupun promo yang membantu pelanggan, agar lebih efektif dalam menjalankan kegiatan bisnis dengan produktif.

Baca Juga: Pendapatan Indonet Kuartal 1/2021 Capai Rp126,4 Miliar

Dalam memberikan B2B customer loyalty program, apakah ada perbedaan benefit (reward) antara pelanggan baru dan lama?

Tentu saja, dalam bentuk harga yang lebih efisien. Contohnya, Biznet juga memberikan harga khusus kepada pelanggan-pelanggan setia yang melakukan renewal kontrak.


Untuk menjalankan B2B customer loyalty program, apakah Biznet menggandeng pihak ketiga?

Saat ini kami sedang mengembangkan sistem agar terintegrasi dengan pihak ketiga demi memaksimalkan B2B customer loyalty program sehingga nantinya pelanggan bisa mendapatkan benefit yang lebih banyak.

Kami juga berharap akan lebih banyak hal yang bisa kami tawarkan, khususnya mengenai B2B customer loyalty program, dalam memberikan pelayanan terbaik demi kepuasan pelanggan.

Cloud Expert Biznet Gio

Baca Juga: Pasar Wireless Industri 2021-2025 Tumbuh 10%

Apakah ada perbedaan konsep B2B customer loyalty program Biznet antara sebelum dan sesudah pandemi?

Kami mengerti bahwa banyak bisnis pelanggan B2B sangat terdampak pandemi. Karena itu, kami memberlakukan beberapa kebijakan, mulai dari potongan harga layanan hingga memberikan paket khusus bagi karyawan dari bidang-bidang usaha yang terdampak.


Baca Juga: Telkom Luncurkan Tadex, Tanah Air Digital Exchange

Sejak awal Biznet selalu memberikan layanan terbaik demi kepuasan pelanggan. Bukan hanya dari sisi kualitas internet saja, tapi juga after sales service-nya agar terjalin hubungan yang baik antara perusahaan dengan pelanggan.

Kalau untuk konsep B2B customer loyalty program antara pelanggan Biznet di Jabodetabek dengan yang di luar Jabodetabek, apakah sama?

Sesuai komitmen kami, yaitu memberikan layanan terbaik bagi seluruh pelanggan Biznet, kami tidak membeda-bedakan pelanggan yang berada di Jabodetabek dengan yang di luar Jabodetabek. Menurut kami, seluruh pelanggan Biznet berhak mendapatkan layanan terbaik.


Berapa budget yang dialokasikan Biznet setiap tahun untuk melaksanakan B2B customer loyalty program? Selama pandemi, adakah efisiensi budget tersebut?

Bagi kami, kepuasan pelanggan adalah hal yang utama, terutama di masa pandemi seperti sekarang ini. Dari segi budget,  kami memastikan seluruh pelanggan dari segmen B2B dapat memperoleh bukan hanya layanan berkualitas, melainkan juga nilai lebih dalam menggunakan layanan kami. Itulah yang menjadi dasar kami dalam menjalankan B2B customer loyalty program.

Baca Juga: Selamat Datang Windows 11! Apa Saja Keunggulannya?


Berapa persen tingkat keberhasilan B2B customer loyalty program Biznet?

Sebanyak 70% pelanggan yang kami retensi tetap berlangganan dengan Biznet. Bahkan, ada beberapa pelanggan yang sempat terminasi layanannya telah kembali berlangganan dengan Biznet.

Semua itu karena para pelanggan sudah merasakan koneksi internet Biznet yang stabil dengan kapasitas yang sangat baik, dan itu dibutuhkan untuk mendukung kegiatan bisnis mereka.


Dalam mengemas B2B customer loyalty program, apakah Biznet melakukan benchmark dengan kompetitor?

Setiap perusahaan tentunya berupaya menghadirkan layanan yang terbaik bagi pelanggan, termasuk perusahaan yang menjadi kompetitor kami. Dari sisi B2B customer loyalty program, kami yakin Biznet dan semua kompetitor menjalankannya sesuai kebutuhan pelanggan masing-masing.

Apa pun itu, kami berharap dapat membangun iklim kompetisi yang baik dan sehat demi kepuasan pelanggan.



Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat. 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here