Published
7 years agoon
Sebanyak 9 dari 10 merek termahal sejagat berasal dari industri teknologi. Apple berada di urutan teratas dengan nilai merek US$184,15 miliar.
New York, TechnoBusiness Insight ● Apple, merek milik Apple Inc., dinyatakan sebagai merek paling mahal atau paling berharga sejagat (The World’s Most Valuable Brands).
Interbrand, konsultan merek global yang berkantor pusat di New York City, Amerika Serikat, menyatakan merek besutan Steve Jobs itu tahun ini bernilai lebih dari US$184 miliar.
Nilai merek Apple mengalahkan Google yang diestimasi seharga US$141 miliar dan Microsoft yang seharga US$80 miliar.
Yang menarik, 10 merek paling bernilai di dunia itu disapu habis oleh pemain-pemain teknologi. Sebanyak 9 dari 10 merek termahal, hanya 1 yang bukan berasal dari industri teknologi, yakni Coca-Cola.
Coca-Cola, merek minuman berkarbonasi, diperkirakan oleh Interbrand bernilai US$69,73 miliar, tidak sampai separuh dari nilai merek Google, apalagi Apple.
Data itu juga mengartikan bahwa merek-merek paling berharga di dunia saat ini masih dikuasai oleh merek-merek asal Amerika Serikat. Dari 10 merek termahal, hanya Samsung dari Korea Selatan, Toyota dari Jepang, dan Mercedes-Benz dari Jerman[row][third_paragraph] Left Side Content [/third_paragraph][third_paragraph] Middle Content [/third_paragraph][third_paragraph] Right Side Content [/third_paragraph][/row] yang berasal dari luar Negeri Paman Sam.●
Teks: TechnoBusiness Insight/TechnoBusiness
Data: Interbrand, Statista
Grafik: TechnoBusiness