Published
7 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness Insight ● Toyota, Honda, dan Mitsubishi menempati urutan teratas merek mobil baru paling dicari di ranah belanja online (online shopping) di Indonesia.
Berdasarkan data yang dirilis Priceza Indonesia, pelopor mesin pencari belanja (shopping search engine), pada Selasa (24/4), selama 2017 sedikitnya 26,6% pasar mencari mobil merek Toyota, 14,8% Honda, dan 14% Mitsubishi secara online.
Baca Juga: Seberapa Kuat Pengaruh Media Sosial terhadap E-commerce di Indonesia?
Tingginya persentase pencarian Toyota di mesin pencari e-commerce itu sejalan dengan posisinya sebagai pemimpin pasar (market leader). Gabungan Pengusaha Industi Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menyebut Toyota memiliki pangsa pasar 34,4% (371.322 unit).
Honda (186.859 unit) dan Daihatsu (186.381 unit) menempati urutan kedua dan ketiga peraih pangsa pasar terbanyak yang masing-masing sebesar 17,3%.
Memang antara pencarian dengan pangsa pasar tidak selalu sejalan. Buktinya, meski menduduki peringkat ketiga di mesin pencari e-commerce, Mitsubishi berada di urutan kelima dalam hal perolehan pangsa pasar (79.807 unit/7,4%).
Sebaliknya, Suzuki yang berada di urutan kelima pencarian (9,6%) mengalahkan Mitsubishi dalam penjualan (111.660 unit/10,3%).
Dari 10 merek mobil yang paling dicari di e-commerce, hampir semua merek Jepang. Hanya Ford dari Amerika Serikat yang berhasil menyelinap di antaranya dengan menempati posisi ke-9 (2,6%).●
Teks: TechnoBusiness Insight
Grafis: TechnoBusiness ID
Data: Priceza
5 “Startup Unicorn” dengan Valuasi Terbesar di Dunia
Pasar TV Online Bakal Bernilai US$129 Miliar
Pasar Barang Teknik Konsumer Lewati €1 Triliun
Euromonitor: Waspadai Gejolak Ekonomi Global 2019
Jakarta Bukan Tujuan Utama Wisata Dunia
Ekonomi Digital Asia Tenggara Menuju US$240 Miliar
Jumlah Pengunjung Lazada Anjlok Amat Dalam
Waspadalah, Ekonomi Global Tahun Depan Lebih Buruk
10 Perusahaan Internet dengan Kapitalisasi Pasar Terbesar