Published
7 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness Insight ● Telkom Indonesia (PT Telekomunikasi Indonesia Tbk.) menjadi merek termahal 2018 versi perusahaan penilai merek Brand Finance. Dalam Indonesia Top 100 Brands 2018, Telkom disebutkan bernilai US$5.168 juta.
Baca Juga: 7 Top Startup Perangkat Keras Konsumen yang Gagal di Pasar
Angka itu menandakan ada kenaikan nilai merek (brand value) Telkom dari tahun lalu yang bernilai US$4.335 juta. Sama seperti tahun lalu, posisi Telkom mengalahkan Sampoerna yang menempati posisi kedua.
Merek Sampoerna tahun ini ditaksir bernilai US$3.460 juta. Tapi, nilai mereknya justru mengalami penurunan jika dibandingkan dengan tahun lalu yang seharga US$3.813 juta.
Secara keseluruhan, 10 merek Indonesia termahal didominasi oleh perusahaan perbankan dan rokok. BRI, BCA, dan Mandiri secara berurutan menempati posisi 3, 4, dan 5 sebagai merek termahal di Tanah Air. Lalu, disusul BNI di urutan ke-7.●
5 “Startup Unicorn” dengan Valuasi Terbesar di Dunia
Pasar TV Online Bakal Bernilai US$129 Miliar
Pasar Barang Teknik Konsumer Lewati €1 Triliun
Euromonitor: Waspadai Gejolak Ekonomi Global 2019
Jakarta Bukan Tujuan Utama Wisata Dunia
Ekonomi Digital Asia Tenggara Menuju US$240 Miliar
Jumlah Pengunjung Lazada Anjlok Amat Dalam
Investasi Rp14 Triliun di Indonesia, Berapa Pendapatan Amazon.com?
Waspadalah, Ekonomi Global Tahun Depan Lebih Buruk