Connect with us

TechnoBusiness Insights

Nilai Pasar Perangkat Lunak GenAI di Asia pada 2028 US$18 Miliar

Nilai pasar perangkat lunak GenAI di Asia dan Oceania pada 2024 bernilai US$3,4 miliar.

Published

on

London, TechnoBusiness Insights UK Kemunculan ChatGPT telah mendorong pengembangan dan penerapan AI Generatif (GenAI) di Asia dan Oceania lebih pesat dari sebelumnya.

TechnoBuiness Insights: 15 Perusahaan Terbaik di Indonesia 2024 Versi LinkedIn

Firma riset pasar Omdia menyatakan pasar perangkat lunak GenAI di Asia dan Oceania tahun ini diperkirakan bernilai US$3,4 miliar dan dimungkinkan akan naik pesat menjadi US$18 miliar pada 2028.

China, Jepang, dan Korea Selatan tercatat sebagai tiga negara di kawasan regional yang paling unggul dalam pengembangan GenAI-nya, meskipun negara-negara lain tak lain tak kalah agresif.

Advertisement

Lian Jye Su, Chief Analyst of Applied Intelligence Omdia, mengatakan, vendor di pasar Asia dan Oceania mengembangkan model GenAI dengan kemampuan banyak bahasa dan pemahaman budaya lokal.

Di tiga pasar paling unggul saja sedikitnya ada 300 model dasar GenAI yang dikembangkan untuk chatbot, asisten virtaul, analitik video, pengembangan game, perangkat lunak, kendaraan otonom dan robot, dan lainnya.

TechnoBusiness Insights: Serius! Ancaman Lokal Terus Hantui Perusahaan di Asia Tenggara

Beberapa perusahaan paling ambisius mengembangkan GenAI, antara lain Alibaba, Baidu, Huawei, Tencent, SK Telecom, dan KT. Mereka mengaplikasikannya untuk cip, infrastruktur, kerangka kerja, dan lain-lain.

Teks: TechnoBusiness Insights UK

Advertisement

Data: Omdia, April 2024

Foto: Omdia