Connect with us

TechnoBusiness Insights

Saling Salip Apple-Samsung di Pasar Smartphone, Huawei Menghilang

Apple dan Samsung berebut posisi teratas pengiriman smartphone global.

Published

on

iPhone keluaran Apple menjadi smartphone paling digemari di seluruh dunia. ● Foto: Pexels

    Jakarta, TechnoBusiness Insights ID Jumlah pengiriman smartphone global pada kuartal 1/2024 naik 7,8% dibanding periode yang sama tahun lalu menjadi 289,4 juta unit. Kenaikan itu menandai pertumbuhan pengiriman tiga kuartal berturut-turut setelah anjlok parah selama pandemi.

    TechnoBusiness Insights: Nilai Pasar Perangkat Lunak GenAI di Asia pada 2028 US$18 Miliar

    Advertisement

    Meski gejolak ekonomi global masih terus membayang-bayangi, kenaikan jumlah pengiriman smarphone itu menunjukkan betapa kuatnya tren pemulihan pasar. Merek-merek besar seperti Apple, Samsung, Huawei, Vivo, dan Oppo terus berlompa memperebutkan pangsa pasar.

    Pada kuartal terakhir, Apple dan Samsung tampak saling salip memperebutkan posisi teratas. Berdasarkan data kuartalan IDC yang terangkum dalam IDC Worldwide Quarterly Mobile Phone Tracker, Apple dengan iPhone-nya berhasil memimpin pasar pada kuartal 4/2023.

    Pada kuartal itu, Apple asal Negeri Paman Sam berhasil mengirimkan 80,5 juta unit iPhone sehingga menguasai 24,7% pangsa pasar, mengalahkan Samsung asal Negeri Ginseng yang hanya mengirimkan 53 juta unit dengan pangsa pasar 16,3%.

    Namun, pada kuartal 1/2024, Samsung mengambil alih posisi puncak mengalahkan Apple. Jika pada kuartal tersebut Samsung mengirimkan 60,1 juta unit smartphone dan meraih 20,8% pangsa pasar, Apple hanya 10 juta unit di bawahnya dengan pangsa pasar 17,3%.

    Saling salip Apple dan Samsung di pasar smartphone global dua kuartal terakhir memang seru. “Meskipun Apple berhasil merebut posisi teratas pada akhir 2023, Samsung sukses menegaskan kembali dirinya sebagai penyedia smartphone terkemuka pada kuartal pertama tahun ini,” kata Ryan Reith, GVP IDC.

    Huawei Tersingkir

    Di luar persaingan Apple dan Samsung untuk menduduki posisi pemimpin pasar, data IDC menunjukkan bahwa akhir-akhir ini smartphone-smartphone asal China seperti Oppo, Vivo, Transsion, dan Xiaomi masih harus rela berada di posisi ketiga, keempat, dan seterusnya

    Jika merujuk pada kinerja selama setahun 2023, Apple memimpin pasar dengan total pengiriman sebanyak 234,6 juta unit smartphone (pangsa pasar 20,1%) mengalahkan Samsung yang mengirimkan sebanyak 226,6 juta unit 19,4%).

    Advertisement

    TechnoBuiness Insights: 15 Perusahaan Terbaik di Indonesia 2024 Versi LinkedIn

    Xiaomi menjadi pemanufaktur smartphone asal China yang paling kuat dengan mengirimkan sebanyak 145,9 juta unit (12,5%) selama setahun lalu, diikuti Oppo sebanyak 103,1 juta unit (8,8%) dan Transsion sebanyak 94,9 juta unit (8,1%).

    Secara keseluruhan, pemanufaktur mengirimkan sebanyak 1,167 miliar unit smartphone ke seluruh dunia selama 2023. Jika Apple dan Samsung terus saling saling memperebutkan posisi nomor satu, yang menjadi pertanyaan: ke mana Huawei asal China yang pernah beberapa kali memimpin pasar?

    Teks: TechnoBusiness Insights ID

    Data: IDC, April 2024

    Advertisement

    Foto: Pixabay