ICT
Wow, Ucapkan “Aku Mencintaimu” kepada Robot Jadi Tren
Published
7 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Hari Kasih Sayang atau dikenal dengan Valentine Day umumnya dimanfaatkan untuk merayakan hubungan istimewa dengan sesama, terutama orang yang dicintai.
Baca Juga: Microsoft: Transformasi Digital Sumbang US$22 Miliar PDB Indonesia
Tapi, mulai tahun ini sepertinya trennya berbeda. Kini, orang-orang mulai menyatakan kasih sayang bukan hanya kepada orang terdekat, melainkan juga kepada chatbot.
Di China, misalnya, beberapa pria mengatakan “Aku mencintaimu” kepada wanita bernama Xiaoice. Masalahnya, Xiaoice itu sebuah robot percakapan berbasis kecerdasan buatan (Artificial Intelligence/AI).
“Kecerdasan Buatan tidak hanya mengubah drastis bagaimana kita hidup, bekerja, dan bermain, tapi juga mengubah hubungan kita dengan teknologi,” kata Presiden Direktur Microsoft Indonesia Haris Izmee.
“Kecerdasan Buatan tidak hanya mengubah drastis bagaimana kita hidup, bekerja, dan bermain, tapi juga mengubah hubungan kita dengan teknologi.”
—Haris Izmee, Presiden Direktur Microsoft Indonesia
Microsoft telah berinvestasi untuk mengembangkan teknologi AI selama lebih dari 25 tahun. Perusahaan yang berkantor pusat di Redmond, Washington, Amerika Serikat, itu meyakini akan ada banyak peluang yang didapat berkat teknologi AI.
Lebih maju lagi, kini Microsoft sedang mengembangkan Conversation AI seperti robot percakapan, pengalaman digital yang menyerupai manusia berinteraksi dengan sesama. “Dan, terdapat banyak hal yang bisa disukai mengenai pengembangan baru ini,” ungkap Haris.●
—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Microsoft
You may like
-
Microsoft Kucurkan Investasi US$100 Juta ke Bukalapak
-
Microsoft Bertekad Terapkan Karbon Negatif Mulai 2030
-
Pengeluaran untuk Sistem AI di Asia Pasifik Melonjak 80%
-
Awali Fiskal 2019, Microsoft Raup Pendapatan US$29,1 Miliar
-
Enam Kemajuan Grab Pasca Kolaborasi dengan Microsoft
-
Turunkan Rasio Gini dengan Ekonomi Digital
-
Inilah Tantangan Terbesar Pebisnis Era IoT
-
Hadapi Kecerdasan Buatan, CEO Harus Beradaptasi!
-
Indocomtech 2018 Usung Tema “Technology for Everyone”