ICT
Berkolaborasi, Strategi Net1 dan Matrix TV Perluas Pasar
Published
6 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Merasa saling membutuhkan, Net1 Indonesia, layanan telekomunikasi seluler milik PT Sampoerna Telekomunikasi Indonesia, dan Matrix TV, layanan televisi berbayar di bawah naungan PT Garuda Media Nusantara, sepakat melakukan kolaborasi bisnis.
Baca Juga: Dahsyat! Apple Jadi Perusahaan US$1 Triliun
Dalam kesepakatan yang ditandatangani kedua perusahaan di kantor pusat Net1, Jakarta, pada Rabu (27/7) lalu, terungkap bahwa Matrix TV akan memasarkan koneksi internet nirkabel berbasis 4G LTE berfrekuensi 450 MHz lengkap dengan fixed wireless router LOG-U270 dan tipe TUBE-R02 milik Net1.
Sementara itu, Matrix TV dapat menawarkan paket televisi sekaligus internet berkecepatan tinggi. “Kerja sama dengan Net1 merupakan salah satu upaya kami dalam memberikan layanan yang lebih baik kepada pelanggan,” ujar General Manager Matrix TV Adrian Sidharta.
“Kami berharap kerja sama ini bisa saling menguntungkan satu sama lain.”
—Larry Ridwan, CEO Net1 Indonesia
Net1 akan memberikan program promosi bagi produk Matrix TV prabayar yang setara atau lebih baik dibanding program reguler prabayar Net1. Jika kerja sama itu selesai, Net1 akan memigrasi produk internet Matrix TV prabayar ke produk reguler prabayar Net1.
Strategi itu dilakukan untuk menjawab kebutuhan pasar yang sama besar, yakni menonton tayangan televisi berkualitas dan koneksi internet yang cepat, saat ini. Kebetulan antara Net1 dan Matrix TV sama-sama menyasar pasar rural.
Untuk diketahui, sejak mengantongi izin jaringan 4G LTE di frekuensi 450 MHz pada September 2016, Net1 memfokuskan diri pada layanan ke perdesaan-perdesaan dan sub-urban. Sebab, frekuensi 450 MHz dianggap cocok dengan karakteristik geografis Indonesia yang memiliki 14.000 pulau.
Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Ini Dilayani Jaringan Net1
Matrix TV dihadirkan oleh Garuda Media Nusantara, penyedia sistem SMATV/CATV sejak 1990. Perusahaan tersebut memasarkan perangkat siaran digital parabola seperti receiver, antena parabola, actuator, booster, kabel-kabel, dan segala macam aksesorinya, yang notabene pasarnya juga di daerah-daerah.
CEO Net1 Larry Ridwan menyatakan kerja sama dengan stasiun televisi berbayar seperti Matrix TV merupakan hal baru. “Kami berharap kerja sama ini bisa saling menguntungkan satu sama lain, utamanya dalam memperluas cakupan pelanggan,” ungkapnya.
Kolaborasi itu akan berlangsung dalam empat tahun ke depan. Jika berhasil, kata Larry, dapat diperpanjang. Tapi, kata Adrian, kerja sama tersebut tidak bersifat eksklusif sehingga tidak membatasi kedua perusahaan dalam menjalin kolaborasi dengan pihak lain dalam waktu yang sama.●
—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto: Net1 Indonesia
You may like
-
Turunkan Rasio Gini dengan Ekonomi Digital
-
Inilah Tantangan Terbesar Pebisnis Era IoT
-
Hadapi Kecerdasan Buatan, CEO Harus Beradaptasi!
-
Indocomtech 2018 Usung Tema “Technology for Everyone”
-
“Karpet Merah” Mahathir untuk Investor China
-
Oakley Capital Akuisisi cPanel Inc.
-
Pola Baru Mengingat Password Ditemukan di China
-
Multipolar Technology Tawarkan Solusi HPE SimpliVity 380
-
Solusi XMC, Tumpuan Baru Extreme Networks