Alat berkebun canggih LG ini amat revolusioner. Tapi, akankah lebih ekonomis?  

New Jersey, TechnoBusiness CES 2020Consumer Electronics Show (CES) 2020 akan segera digelar di Las Vegas Convention Center, Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, pada 7-10 Januari mendatang.

Baca Juga: Luar Biasa, Ternyata Hampir 2.000 Fintech Ilegal

Alat berkebun canggih ala LG.

Dalam pameran internasional tahunan itu, LG Electronics USA, Inc. yang berbasis di Englewood Cliffs, New Jersey, mengungkapkan bakal memperkenalkan alat berkebun canggih. Alat ini berbentuk kotak mirip lemari pendingin minuman.

Tapi, berbeda dengan lemari pendingin yang memang berfungsi untuk mendinginkan minuman, alat berkebun canggih LG dilengkapi alat pengontrol cahaya, suhu, dan air, serta tempat untuk menaruh benih.

Baca Juga: Gaji Karyawan di Indonesia Tahun Depan Diprediksi Naik 8,7%

Tidak hanya itu, alat berkebun canggih LG juga memiliki aplikasi pemantau pertumbuhan untuk membantu pengguna mengolah sayuran kaya nutrisi dan beraroma lezat di dalam rumah mereka sendiri.


Alat berkebun canggih ini dinilai cukup revolusioner di tengah semakin berkurangnya ruang-ruang pertanian, terutama di perkotaan. Seiring dengan itu, jumlah petani pun kian langka.

Baca Juga: Dapat Dana US$150 Juta, Ruangguru Perkuat Pasar di Vietnam

Dengan menggunakan modul fleksibel, alat berkebun canggih LG mereplikasi kondisi luar secara tepat dan optimal ke dalam kabinet berinsulasi dengan waktu sehari.

Benih tumbuh di alat berkebun canggih LG.

Lampu LED, sirkulasi udara buatan, dan manajemen air berbasis sumbu memungkinkan benih tumbuh dengan cepat.

Jika untuk menanam sayuran, alat berkebun canggih ini mampu menampung hingga 24 paket benih.

Jadi, bagi masyarakat modern, konsumsi sayuran bisa dari hasil tanam sendiri: tak perlu menunggu memiliki kebun yang luas, melainkan sekotak alat berkebun canggih revolusioner keluaran LG.

Walau demikian, calon pengguna kemungkinan tetap akan berhitung seberapa ekonomis alat berkebun canggih ini: kalau konsumsi listriknya lebih mahal daripada harga sayuran di supermarket, untuk apa?●

—Paul D. Henry, TechnoBusiness CES 2020/PRN ● Foto: LG Electronics

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here