Connect with us

Gadget

Vivo Perkenalkan Ponsel Pintar Edisi Khusus Piala Dunia 2018

Published

on

  • Semua anggota panitia Piala Dunia 2018 Rusia akan menggunakan ponsel pintar Vivo edisi khusus.
  • Sponsorship itu diyakini akan mendongkrak citra merek Vivo secara signifikan.

 

Moskow, TechnoBusiness ● Gemerlap Piala Dunia 2018 Rusia sudah mulai terasa. Bersamaan dengan pengundian grup atas 32 tim nasional sepak bola dari seluruh dunia pada Jumat (1/12) di Istana Kremlin, Moskow, vendor-vendor elektronik dan ponsel pintar yang menjadi sponsor utama pun turut merilis produk-produk edisi khusus.

 

Baca Juga: Pengiriman Ponsel Pintar Global Mencapai 347,4 Juta Unit

 

Vivo, pemanufaktur ponsel pintar merek serupa yang berkantor pusat di Dongguan, China, misalnya, hari itu juga memperkenalkan ponsel pintar yang memang dipasarkan khusus untuk menyambut Piala Dunia 2018. Ponsel-ponsel itu akan membuat The Draw semakin menarik perhatian.

Langkah berani Vivo dalam mensponsori Piala Dunia itu tak lepas dari komitmen jangka panjangnya untuk menghadirkan pengalaman kepada lebih banyak konsumen di seluruh dunia. Kemitraan dengan asosiasi sepak bola dunia The Fédération Internationale de Football Association (FIFA) merupakan salah satu dari banyak cara bagi Vivo untuk menjangkau kalangan anak muda, terutama penggemar olahraga besar.

Advertisement

 

Sebagai bagian dari kerja sama antara Vivo dan FIFA, seperti dijelaskan dalam siaran persnya, Vivo akan terus menerjemahkan gairah dan kesenangan olahraga kepada penggemar. Ini akan menjadi dasar yang kokoh untuk bisa lebih mengeksplorasi dan membangun posisi terdepan di pasar luar negeri.

Di luar itu, pada Oktober lalu Vivo mengumumkan akan melakukan ekspansi ke pasar baru, terutama Taiwan, Singapura, dan satu lagi Rusia. Langkah itu diyakini bakal mendongkrak brand awareness Vivo ke pasar ponsel global secara signifikan.

Berdasarkan data IDC Quarterly Mobile Phone Tracker pada kuartal 1/2017, seperti dipublikasikan oleh TechnoBusiness Indonesia pada 29 Mei lalu, jumlah ponsel yang dikirimkan ke seluruh dunia mencapai 347,4 juta unit. Dari jumlah itu, pengiriman terbanyak disumbangkan oleh Samsung, Apple, Huawei, Oppo, dan Vivo berada di urutan kelima dengan pangsa pasar 5,2% atau sekitar 18,1 juta unit.

“Sebagai sponsor Piala Dunia, Vivo berharap bisa mengasosiasikan dirinya dengan semangat sepak bola.”

 

Advertisement

Namun, menurut penelitian terbaru Counterpoint pada kuartal III/2017, Vivo telah meraih pangsa pasar 7,1%. Walau begitu, merek yang baru muncul pada 2009 tersebut berhasil mencatatkan pertumbuhan tertinggi, yakni 32%, jika dibandingkan dengan jumlah produk yang dikirimkan ke berbagai negara setahun lalu.

Yang menarik, Vivo tidak hanya mensponsori Piala Dunia 2018, melainkan langsung berkomitmen hingga Piala Dunia 2022. Pengumuman itu disampaikan oleh Executive Vice President Vivo Ni Xudong dan Sekretaris Jenderal FIFA Fata Samoura di tempat bersejarah Kuil Leluhur Kekaisaran (Imperial Ancestral Temple), Beijing, China, pada 31 Mei 2017.

LIMA BESAR

Posisi Vivo jika diurutkan dengan kompetitornya di seluruh dunia per kuartal III/2017 versi IDC dan Counterpoint.

 

“Sepak bola merupakan olahraga yang penuh gairah, momen yang mengejutkan, dan menciptakan kebahagiaan bagi jutaan orang. Semangat sepakbola itu tentang kemajuan berkelanjutan,” ungkap Ni. “Sebagai sponsor Piala Dunia, Vivo berharap bisa mengasosiasikan dirinya dengan semangat sepak bola.”

Advertisement

Menanggapi kesepakatan eksklusif dengan Vivo dalam jangka dua kali Piala Dunia, Sekjen Samoura menyatakan, “Sepak bola dan teknologi semakin dekat setiap harinya, baik di dalam maupun di luar lapangan, dan ini saat yang tepat untuk memulai kemitraan dengan merek ponsel pintar global terkemuka ini.”

Sebelum mensponsori pagelaran pertandingan sepakbola terbesar sejagat, Vivo menjadi sponsor utama turnamen kriket Indian Premier League di India dan menjalin kemitraan strategis dengan NBA China.●

—Mike Lavrov (Rusia) dan Zhang Ju (China), TechnoBusiness ● Foto-Foto: Vivo, FIFA

 

Advertisement

TechnoBusiness, Menara Astra Lt. 25 Unit 25D, Jalan Jend. Sudirman Kav. 5-6, Jakarta 10220, Telp: (021) 50889816. Copyright © 2017-2024 TechnoBusiness, A Member of Pasxmedia Holding. All Rights Reserved.