TechnoBusiness Insights
Facebook vs Tencent, Mana yang Lebih Tangguh?
Published
7 years agoon
Baca Juga: Seberapa Kuat Pengaruh Media Sosial terhadap E-commerce Indonesia?
Semakin perkasanya Facebook dari waktu ke waktu semakin menunjukkan bahwa jejaring sosial asal Amerika Serikat itu kian sulit ditumbangkan, sekalipun diterpa skandal penyalahgunaan data oleh pihak ketiga.
Di China, pasar dengan populasi 1,3 miliar jiwa, platform instant messaging dan jejaring sosial dikuasai oleh Tencent. Di arena itu, Tencent memiliki WeChat, QQ, dan Qzone.
Pertanyaannya, jika Facebook dan Tencent berikut anak perusahaannya masing-masing dikonsolidasikan, mana yang lebih kuat dari sisi pendapatan? Merujuk pada laporan keuangan perusahaan dan data Statista, ternyata selisihnya tidak jauh berbeda.
Kelompok bisnis Facebook yang mempunyai 5,79 miliar pengguna pada kuartal 1/2018 mencatatkan pendapatan sebesar US$12,0 miliar. Sedangkan kelompok bisnis Tencent yang memiliki 2,40 miliar pengguna mengeruk pendapatan sebesar US$11,7 miliar.
Dari pendapatan itu, pendapatan bersih (net income) Facebook tercatat sebesar US$5,0 miliar, sedangkan Tencent US$3,8 miliar. Statista baru-baru ini menyatakan harga sama konglomerasi asal China itu melonjak 60% dalam setahun sejak Mei 2017, sementara Facebook hanya 23%.●
- Teks: TechnoBusiness Insight
- Grafis: TechnoBusiness
- Data: Laporan Keuangan Perusahaan, Statista