• Jejaring sosial terbesar sejagad Facebook berhasil membukukan pendapatan sebesar US$7,01 miliar pada kuartal ketiga 2016.
  • “Kami membuat kemajuan dengan menempatkan video pertama di aplikasi kami dan melaksanakan roadmap teknologi 10 tahun kami.”

 

CALIFORNIA – Facebook Inc., pengelola situs jejaring sosial terbesar di dunia, baru saja mengumumkan bahwa selama kuartal ketiga 2016 perusahaan berhasil membukukan pendapatan sebesar US$7,01 miliar. Dari pendapatan itu, perusahaan memperoleh laba sebesar US$2,38 miliar.

Untuk diketahui, hingga 30 September lalu Facebook memiliki 1,18 miliar pengguna aktif harian (daily active users), meningkat 17% dibanding setahun lalu. Atau, mempunyai 1,79 miliar pengguna aktif bulanan (montly active users).

MARK ZUCKERBERG CEO Facebook Inc.
MARK ZUCKERBERG
CEO Facebook Inc.

Dari jumlah itu, pengguna harian aktif yang mengakses melalui mobile (mobile daily active users) mencapai 1,09 miliar, naik 22% dibanding setahun lalu. Jumlah pengguna bulanan aktif via mobile mencapai 1,66 miliar, naik 20% dari tahun ke tahun.


Besarnya jumlah pengakses melalui perangkat mobile membuat pendapatan iklan (mobile advertising) Facebook dari ranah itu menyumbang 84% dari total pendapatan iklan pada kuartal ketiga 2016. Jumlah itu naik sangat drastis, yakni sebesar 78%, dibanding kuartal yang sama tahun lalu.

Hingga 30 September 2016, Facebook memiliki 1,18 miliar pengguna aktif harian.

Sampai akhir kuartal ketiga 2016, Facebook memiliki kas, arus kas, dan surat berharga senilai US$26,14 miliar. Sedangkan belanja modalnya sekitar US$1,10 miliar.

Terus tumbuhnya jumlah pengguna merupakan sebuah kejutan karena 2-3 tahun lalu Facebook diprediksi oleh banyak analis akan meredup. Para analis menilai jejaring sosial tersebut mulai menjenuhkan pengguna. Ternyata pendapat itu salah.

facebook-3Pendapatan Facebook dari waktu ke waktu terus naik. Pada kuartal ketiga 2014, perusahaan mencatatkan pendapatan US$3,20 miliar. Pada kuartal yang sama 2015, angkanya naik menjadi US$4,50 miliar. Setahun kemudian, tepatnya perolehan tiga bulan pada kuartal ketiga 2016, naik kembali menjadi US$7,01 miliar.



Jumlah pengguna harian aktif via mobile sekitar 1,09 miliar, naik 22% dibanding setahun lalu.

CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa perkembangan inovasi amat penting. “Kami membuat kemajuan dengan menempatkan video pertama di aplikasi kami dan melaksanakan roadmap teknologi 10 tahun kami.”●

Alan Schultz, TechnoBusiness; Foto-Foto: Facebook Inc.

 


Data TechnoBusiness

logo-facebookFacebook adalah situs jejaring sosial terbesar di dunia dengan pengguna aktif harian mencapai 1,18 miliar. Situs ini didirikan oleh Mark Zuckerberg, Eduardo Saverin, Andrew McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes pada Februari 2004. Kini, Facebook telah menjadi perusahaan teknologi terkemuka di dunia.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here