TechnoBusiness Insights
Pasar Aplikasi E-Commerce Terbesar Ketiga di Dunia: Indonesia
Indonesia menjadi pasar aplikasi e-commerce Android terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan India.
Published
3 years agoon
Indonesia menjadi pasar aplikasi e-commerce Android terbesar ketiga di dunia setelah Brazil dan India.
Jakarta, TechnoBusiness Insights ● AppsFlyer, perusahaan atribusi dan analitik pemasaran mobile global yang berbasis di San Francisco, baru saja merilis laporan State of eCommerce App Marketing 2021.
Baca Juga: Indivara Group: “Revenue Kami Lebih Besar dari Bukalapak”
Dari laporan itu, ada satu yang cukup menarik, yaitu angka pertumbuhan konsumen Indonesia yang membelanjakan uangnya lewat aplikasi mobile, terutama pada masa liburan.
Selama periode Januari 2020-Juli 2021, jumlah aplikasi belanja yang diinstal konsumen meningkat hingga 70%. Angka itu menjadikan Indonesia sebagai pasar aplikasi e-commerce Android terbesar ketiga di dunia.
Baca Juga: Standard Chartered Investasi US$500 Juta di Atome Financial
Dengan kontribusi 8% terhadap total pasar aplikasi e-commerce global, Indonesia hanya tertinggal dari Brazil yang mencatatkan 19% dan India yang berkontribusi sebanyak 17% terhadap pasar aplikasi e-commerce Android dunia.
Sementara itu, pasar aplikasi e-commerce iOS terbesar di dunia dicatatkan oleh Amerika Serikat, Brazil, dan Rusia. Pandemi telah berperan meningkatkan pasar aplikasi e-commerce global tumbuh lebih cepat.
Karena itu, menurut Senior Customer Success Manager AppsFlyer Asia Pacific Luthfi Anshari, pemasar e-commerce mesti beradaptasi, terutama selama periode liburan.
Baca Juga: Helios dan Cloudflare Jalin Kolaborasi Garap Pasar Indonesia
“Pemasar aplikasi e-commerce harus membidik peluang dari posisi Indonesia sebagai ekonomi aplikasi yang berkembang dengan berinvestasi secara besar pada kampanye iklan,” ungkapnya.
Kampanye iklan itu bertujuan untuk meningkatkan permintaan aplikasi e-commerce dan menekan rata-rata biaya pemasaran per install menjadi lebih rendah.
Di Indonesia, setiap periode liburan seperti Ramadan dan Natal/Tahun Baru pembelian melalui aplikasi (in-app purchase) e-commerce selalu meningkat.
Baca Juga: Tiga Kuartal 2021, Fuse Bukukan Premi Lebih dari Rp1 Triliun
Meski pembelanjaan selama periode Januari-Juli 2021 meningkat 116%, lonjakan transaksi hingga 32% dari biasanya terjadi pada masa Ramadan dan Natal/Tahun Baru.
Kampanye hari belanja nasional seperti 10.10, 11.11, dan 12.12 juga turut meningkatkan transaksi belanja lewat aplikasi e-commerce pada musim liburan akhir tahun di Tanah Air.●
Teks: TechnoBusiness Insights
Data: AppsFlyer, Oktober 2021
Foto: Pexels
Tekan “tombol lonceng” di sisi kiri layar Anda untuk mendapatkan notifikasi berita terbaru dari TechnoBusiness lebih cepat.
Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.