Published
6 years agoon
Jumlah pelanggan Telkomsel jauh meninggalkan kompetitor-kompetitornya seperti XL Axiata dan Indosat Ooredoo.
Jakarta, TechnoBusiness ID ● PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), perusahaan telekomunikasi digital di bawah naungan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk. (IDX: TLKM), kemarin berulang tahun yang ke-24.
Baca Juga: Membaca Tiga Pilar Inovasi Telkomsel
Dalam usianya yang hampir seperempat abad itu, Telkomsel memiliki 168 juta pelanggan, jauh meninggalkan kompetitor-kompetitornya seperti PT XL Axiata Tbk. (IDX: EXCL) dan PT Indosat Tbk. (IDX: ISAT).
Seperti dalam laporan keuangan XL Axiata kuartal pertama 2019, operator bercorak “biru” itu mempunyai 55,1 juta pelanggan; sedangkan Indosat Ooredoo hingga akhir 2018 memiliki 58 juta pelanggan.
Jumlah pelanggan sebanyak itu tersebar di 95% wilayah Indonesia. Telkomsel melayaninya dengan mengerahkan sekitar 197.000 base transceiver station (BTS).
Baca Juga: Berkah Negeri Seribu Momen
Dari jumlah BTS itu, lebih dari 147.000-nya berupa BTS broadband (3G/4G). Jaringan 4G LTE Telkomsel, menurut Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah, telah menjangkau 500 kota/kabupaten atau 93% pelanggan.
Selain itu, perusahaan bercorak merah itu selama kuartal pertama 2019 telah menambah 8.000-an BTS berteknologi Massive MIMO untuk menyediakan jaringan 4.9G.●
—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Telkomsel
Rupanya Begini Tindak Lanjut Investasi Telkomsel ke Gojek
6.050 Menara Telekomunikasi Telkomsel Dialihkan ke Mitratel
Telkomsel Raih The Most Innovative Telecom Service Provider
Telkomsel Rilis Telkomsel Orbit, Apa Itu?
Inilah Susunan Direksi Telkomsel yang Baru
Trafik Layanan Data Telkomsel Naik 16% Saat Natal-Tahun Baru
Modal Paket Ilmupedia Rp25.000 Bisa Belajar di Ruangguru
Transformasi Bisnis Telkomsel Dinilai Sukses
PrivyID Raih Investasi Seri A2 dari Telkomsel