Budhi Wibawa, pendiri dan CEO ICS Compute

Kinerja ICS Compute mampu tumbuh cepat dalam waktu singkat berkat nama besar AWS. Kok bisa?

Jakarta, ICS Compute News • PT Innovation Cloud Services (ICS Compute), perusahaan sistem integrator yang fokus pada layanan cloud computing di Tanah Air, boleh dibilang “balita ajaib”.

Betapa tidak, meski baru berusia 3,5 tahun sejak didirikan di Jakarta pada Desember 2017, ICS Compute telah berhasil membukukan kinerja penjualan dengan pertumbuhan berlipat setiap tahunnya.

Baca Juga: ICS Compute Performance is Growing Fast Thanks to AWS

Pada 2019, misalnya, ICS Compute mampu mencatatkan nilai penjualan 2,5 kali lipat lebih besar dibanding pada 2018. Pada 2020, nilai penjualannya bahkan mencapai 3 kali lipat dibanding 2019.

Tahun ini, ICS Compute menargetkan memperoleh nilai penjualan sebesar 2,5 kali lipat jika dibandingkan dengan tahun lalu. Meski tidak disebutkan nominalnya, kinerja itu menunjukkan prestasi yang luar biasa.

Perusahaan yang semula melayani pelanggan hanya dengan dua orang sales dan empat engineer itu kini telah memiliki lebih dari 150 pelanggan dan lebih dari 100 proyek, termasuk sekitar 50 migrasi beban kerja yang rumit.



Baca Juga: ICS Compute Raih AWS Rising Star of The Year Award 2020

Kinerja ICS Compute yang luar biasa itu pun lantas dianugerahi penghargaan oleh Amazon Web Services (AWS), anak perusahaan raksasa internet Amazon, sebagai “ASEAN Rising Star Partner of The Year 2020”.

AWS Rising Star of The Year Award 2020 untuk ICS Compute.

Pertanyaannya, apa yang membuat ICS Compute tumbuh begitu cepat? Budhi Wibawa, founder dan CEO ICS Compute, mengungkapkan ada beberapa faktor yang membuat perusahaannya tumbuh melesat cepat.

Pertama, dikembangkan dan dikelola oleh orang-orang yang berpengalaman di bidang data center dan cloud computing. “Saya sendiri juga berangkat dari pengalaman di bidang tersebut,” kata Budhi.

Kedua, berkat nama besar AWS. Budhi tidak menampik jika kinerja ICS Compute yang didirikannya bisa tumbuh gemilang, bahkan menorehkan nilai penjualan hingga 19 kali lipat dibanding saat didirikan, berkat AWS.


Berkat AWS

Sebagai perusahaan layanan cloud yang baru berdiri, semula ICS Compute terbuka untuk bermitra dengan semua penyedia layanan cloud global mana pun. Tapi, perusahaan lalu menyadari perlu memilih yang terbaik.

“Karena semua data industri menunjukkan bahwa AWS jauh lebih unggul dibanding pemain-pemain lain, ICS Compute pun memutuskan untuk mendedikasikan lebih banyak waktu dan tenaga bersama AWS,” kata Budhi.

Jadi, ICS Compute merupakan consulting partner AWS yang tergabung dalam AWS Partner Network tidak lama setelah perusahaan didirikan. Saat ini, 95% solusi yang disediakan ICS Compute berjalan di atas infrastruktur AWS.


Keuntungan terbesar sebagai AWS Partner Network adalah perusahaan dapat melayani pelanggan berdasarkan well-architected framework yang tersedia, yang telah terbukti mampu memangkas waktu dan biaya serta meningkatkan kualitas layanan.

Dalam layanannya, ICS Compute tidak fokus pada satu industri tertentu, melainkan menekuni seluruh pengembangan solusi-solusi berdasarkan teknologi cloud seperti modernisasi aplikasi, analitika data, DevOps, dan migrasi ke cloud.


ICS memiliki pelanggan-pelanggan yang berasal dari berbagai industri seperti ritel, manufaktur, telekomunikasi, jasa keuangan, asuransi, dan e-commerce, baik skala kecil maupun korporasi. “Bergabungnya ICS Compute ke AWS Partner Network menyediakan hasil bisnis yang terukur dan riil,” kata Budhi.

Baca Juga: Mengungkap Strategi AWS Indonesia dalam Menggaet Pelanggan

Consulting Partner

Pada dasarnya, terdapat dua kategori partner bagi perusahaan layanan cloud yang terdaftar dalam AWS Partner Network, yakni consulting partner dan technology partner.

Karena menawarkan jasa konsultasi teknologi informasi, integrasi sistem, pengembangan aplikasi, dan layanan terkelola, maka Stanley Chan, Senior Manager Partner Development AWS Asia Pasifik, mengatakan ICS Compute termasuk consulting partner.


Tak dimungkiri, AWS membutuhkan AWS Partner Network seperti ICS Compute sebagai perpanjangan tangan dalam menggarap pasar. “Kami senang berkolaborasi dengan ICS Compute. Harapannya, ICS Compute juga memperluas pasarnya hingga ke kawasan ASEAN,” ungkap Chan.

 

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here