TechnoBusiness Insights
Jumlah Pengunjung Lazada Anjlok Amat Dalam
Published
6 years agoon
TechnoBusiness Insight ● Ada yang menarik dari peta persaingan industri e-commerce di Tanah Air.
Setelah satu dekade terakhir saling bersaing menjadi yang terbaik, baik melalui pelibatan pemodal ventura maupun akuisisi, posisi-posisi puncak industri semakin mengerucut ke beberapa nama.
Kuartal 3/2017
Berdasarkan data dari SimilarWeb yang dipublikasikan kembali oleh iPrice Group, sejak kuartal 2/2018 jumlah pengunjung bulanan e-commerce Tokopedia asli Indonesia berhasil menyalip Lazada yang selama ini memegang rekor pengunjung terbanyak.
Kuartal 4/2017
Pada kuartal 3/2017, jumlah pengunjung bulanan Lazada, e-commerce yang menjangkau seluruh wilayah Asia Tenggara, tercatat sebanyak 96.343.000, sedangkan Tokopedia baru 93.783.000.
Pada kuartal 4/2018, jumlah pengunjung bulanan Tokopedia bertambah cukup banyak, yakni sebanyak 115.270.000, tapi jumlah pengunjung bulanan Lazada juga naik lebih tinggi, yaitu 131.848.000.
Kuartal 1/2018
Yang mengherankan, bukannya kembali naik, jumlah pengunjung bulanan Lazada per kuartal 2/2018 terus merosot amat dalam ke angka 49.990.700, hampir separuh dari kuartal sebelumnya. Perolehan itu menjadikan posisi Lazada terlempar ke posisi tiga.
Kuartal 2/2018
Tokopedia yang mencatatkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 111.484.000 menempati posisi teratas, sedangkan posisi kedua diduduki oleh Bukalapak, e-commerce yang juga asli Indonesia, dengan jumlah pengunjung sebanyak 85.138.900.
Rupanya “kejatuhan” Lazada dari besaran jumlah pengunjung belum berhenti pada kuartal 2/2018. Per kuartal 3/2018, Lazada hanya membukukan 36.405.200 pengunjung sekaligus menurunkan peringkatnya ke posisi empat.
Kuartal 3/2018
Per kuartal 3/2018, jumlah pengunjung bulanan Tokopedia naik 37% dibanding kuartal sebelumnya menjadi 153.639.700, sementara pengunjung Bukalapak tumbuh 13% menjadi 95.932.100.
Dapat dipahami bahwa besaran pendanaan telah mempengaruhi, tapi tak dimungkiri bahwa yang paling berperan dalam mendongkrak jumlah pengunjung bulanan adalah program-program promosi e-commerce itu sendiri.●
Teks: TechnoBusiness Insight
Data: SimilarWeb, iPrice Group
Grafis: TechnoBusiness ID, iPrice Group
You may like
-
Lazada Tawarkan Voucher Rp11 Miliar dalam Festival 11.11
-
Sstt, Ini Strategi Baru Lazada Sambut Festival Belanja 11.11
-
Lazada Ganti Logo. Apa Maknanya?
-
5 “Startup Unicorn” dengan Valuasi Terbesar di Dunia
-
Pasar TV Online Bakal Bernilai US$129 Miliar
-
Pasar Barang Teknik Konsumer Lewati €1 Triliun
-
Euromonitor: Waspadai Gejolak Ekonomi Global 2019
-
Jakarta Bukan Tujuan Utama Wisata Dunia
-
Ekonomi Digital Asia Tenggara Menuju US$240 Miliar