TechnoBusiness Insights
Orang Indonesia Siap Tambah Anggaran Belanja Online di Musim Liburan
Orang Indonesia berencana meningkatkan anggara belanja online, terutama di musim liburan tahun ini.
Published
1 year agoon
Jakarta, TechnoBusiness Insights ID ● Orang Indonesia berencana meningkatkan anggara belanja online, terutama di musim liburan tahun ini. Setidaknya itu berdasarkan hasil survei InMobi, penyedia teknologi dan monetisasi pemasaran terkemuka, baru-baru ini.
Baca Juga: Pasar Komunikasi Satelit Global Rata-Rata Tumbuh 3,6% Setahun
Sebanyak 73% responden menyatakan mereka merupakan pengambil keputusan utama untuk berbelanja online di musim liburan tahun ini. Bahkan, 59% responden berencana membelanjakan lebih dari Rp5 juta untuk membeli barang yang mereka inginkan.
Smartphone menjadi media pilihan yang digunakan dalam berbelanja online maupun offline. Lalu, diskon khusus aplikasi dan kemudahan pembayaran menjadi alasan utama mereka beralih ke perangkat seluler. Lebih dari 60% menggunakan smartphone untuk mencari produk yang mereka inginkan.
Menurut Rishi Bedi, Managing Director InMobi Asia Pasifik, survei tersebut mengidentifikasi tiga tipe pembeli online, yaitu: pertama, penjelajah kategori (67%); yang telah memutuskan produk yang hendak dibeli tapi belum memutuskan mereknya.
Kedua, pemburu barang murah (18%); yang mencari insentif sebelum melakukan pembelian. Ketiga, pencinta merek (15%); yang mengetahui produk dan merek yang mereka inginkan sejak sebelum melakukan pembelian secara online.
Baca Juga: Pasar Enkripsi E-mail Global Bernilai US$16,3 Miliar pada 2028
“Dengan kemeriahan festival belanja akhir tahun dan keinginan untuk mengeksplorasi merek dan produk yang selalu tinggi, penting bagi pemasar untuk hadir secara efektif sepanjang shopping journey masyarakat Indonesia,” ungkap Rishi menambahkan.
Survei bertema “The 2023 Holiday Retail Guide for Advertisers” yang dilakukan InMobi memang menarik dan kemungkinan tidak salah. Sayangnya, survei tersebut hanya melibatkan 440 pengguna smartphone dari 192 juta pengguna smartphone di Indonesia.●
Teks: TechnoBusiness Insights ID
Data: InMobil, Oktober 2023
Foto: InMobi
You may like
-
Pullman Hotels & Resorts Reveals “The Transforming Room” Concept
-
Y&S Insights: Komparasi Implementasi 5G di Indonesia dan Negara-Negara Lain
-
Infor Positioned as a Leader in the 2024 Gartner Magic Quadrant for Cloud ERP
-
Pemasaran Aplikasi Seluler di Asia Tenggara Cukup Potensial
-
Inilah Daftar Pemenang Smarties Indonesia Awards 2024
-
MMA Impact Indonesia 2024 Soroti Dampak Mendalam Digitalisasi
-
Laba Bersih BCA Digital pada Kuartal 3/2024 Tumbuh 532,7%
-
Synnex Metrodata Indonesia Jadi Distributor Devo Technology
-
BPA Broker Hadirkan Solusi Telekonsultasi Kesehatan dr. Barron