Connect with us

TechnoBusiness Insights

Pasar Komunikasi Satelit Global Rata-Rata Tumbuh 3,6% Setahun

Pasar komunikasi satelit global terus tumbuh karena dipengaruhi oleh beberapa hal, termasuk meningkatnya penggunaan pemerintah dan militer.

Published

on

Komunikasi satelit kian banyak digunakan oleh beragam sektor guna menunjang proses operasionalnya.

Bangalore, TechnoBusiness Insights IN Pasar komunikasi satelit global (global satelitte communication market), berdasarkan laporan Valuates Reports, diproyeksikan tumbuh secara CAGR sebesar 3,6% dari US$171 miliar pada 2022 menjadi US$219 miliar pada 2029.

Baca Juga: Pasar Enkripsi E-mail Global Bernilai US$16,3 Miliar pada 2028

Sistem satelit high-throughput, yang menawarkan kapasitas dan kecepatan data jauh lebih tinggi dibandingkan dengan sistem satelit konvensional, memiliki permintaan yang lebih besar sehingga mendorong perluasan pasar komunikasi satelit global.

Sistem satelit high-throughput dibutuhkan karena streaming video, penginderaan jarak jauh, koneksi Internet of Things (IoT), serta lainnya membutuhkan bandwidth yang lebih besar dan memungkinkan transfer data lebih cepat.

Advertisement

Pasar komunikasi satelit berkembang sebagai akibat dari meningkatnya penggunaan komunikasi satelit oleh pemerintah dan militer. Di dunia penerbangan, kendaraan tak berawak (unmaned aircraft vehicle) juga mengirimkan video definisi tinggi secara real-time menggunakan satelit.

Baca Juga: Awas, 80% Ancaman Keamanan Siber Targetkan Layanan Cloud!

Untuk pelacakan, navigasi, dan komunikasi sektor kelautan, komunikasi satelit sangat penting. Kebutuhan komunikasi satelit di industri kelautan semakin meningkat karena perusahaan pelayaran ingin mengoptimalkan operasi, meningkatkan keselamatan, dan mematuhi hukum.

Teks: TechnoBusiness Insights IN

Data: Valuate Reports, Oktober 2023

Advertisement

Foto: TheoLeo/Pixabay