Published
7 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Facebook, jejaring sosial terbesar global berbasis di Menlo Park, California, Amerika Serikat, mengungkapkan bahwa usaha kecil menengah (UKM) yang melakukan perdagangan internasional dinilai lebih percaya diri ketimbang yang terus berkutat di pasar lokal. Selain percaya diri, UKM itu juga cenderung semakin menambah lapangan pekerjaan.
Berdasarkan hasil surveinya yang dirilis Rabu (16/8), 66% pedagang merasa positif dengan bisnis mereka saat ini. Sebanyak 80% pedagang merasa positif dengan masa depan perdagangan mereka. Dan, 41% pedagang telah menciptakan lapangan pekerjaan dalam enam terakhir dan berencana akan terus menambah dalam enam bulan ke depan.
Survei “Future of Business” itu dilakukan di 42 negara sejak September 2016 hasil kerja sama antara Facebook, OECD, dan World Bank. Itu berarti survei tersebut mewakili 40% populasi dunia dan 73% produk domestik bruto (PDB) global.
Dari UKM-UKM yang menjadi jangkauan survei, yang 25% pasarnya ekspor, diketahui bahwa mereka berhasil karena mengandalkan perangkat online dalam bertransaksi secara global. Sebanyak 59% UKM pengekspor melaporkan bahwa 75% penjualan internasional mereka berasal dari perangkat online. Dan, 63% pengekspor setuju bahwa perangkat online telah meningkatkan pendapatan mereka.●
—Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID ● Foto-Foto: Facebook
Pendapatan Facebook 2020 Tumbuh 22% jadi US$85,96 Miliar
Facebook Lakukan Sejumlah Langkah dalam Penanganan Covid-19
Wow, Jumlah Pengguna Facebook Tembus 2,5 Miliar
Ssstt, Facebook akan Buka Kafe di Inggris!
Larang Iklan Bitcoin, tapi Facebook Luncurkan Produk Serupa
Facebook Berpotensi Didenda Hingga US$5 Miliar Akibat Skandal Data
Pemerintah Bentuk Yayasan NextICorn. Apa Fungsinya?
MIT Sloan: Kontribusi Facebook Terhadap Ekonomi Besar
Mengapa Industri Startup Australia Tak Seagresif di Indonesia?