Connect with us

TechnoBusiness Star

CEO Boeing Dennis A. Muilenburg Mengundurkan Diri

Published

on

CEO Boeing Dennis A. Muilenburg mengundurkan diri. Jajaran eksekutif pun dirombak.

Chicago, TechnoBusiness Star ● CEO Boeing (NYSE: BA) Dennis A. Muilenburg mengundurkan diri. Pengunduran diri itu diumumkan secara resmi di Chicago, Illinois, Amerika Serikat, Senin (23/12).

Baca Juga: Akhirnya Boeing Setuju Pembekuan Sementara 737 MAX

Pengunduran diri Muilenburg tersebut tak terlalu mengejutkan karena publik sudah bisa menduga bahwa itu terkait kegagalan seri terbaru Boeing 737 MAX.

Advertisement

“Dewan Direksi memutuskan bahwa perubahan kepemimpinan diperlukan untuk mengembalikan kepercayaan pada perusahaan di masa mendatang,” demikian bunyi pernyataan Boeing.

Bagaimana pun Boeing harus berupaya memperbaiki hubungan dengan regulator, pelanggan, dan semua pemangku kepentingan lainnya.

Baca Juga: Keunggulan Boeing 737 Max Menurut Boeing

Karena itu, berbarengan dengan pengumuman pengunduran diri Muilenberg, Boeing juga menyampaikan jajaran eksekutifnya yang baru.

David L. Calhoun yang saat ini menjabat chairman ditunjuk untuk menduduki kursi CEO dan Presiden Boeing. Anggota Dewan Lawrence W. Kellner segera menduduki posisi Ketua Dewan Non-Eksekutif.

Advertisement

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.

[nextpage]

Struktur dewan direksi baru Boeing tersebut akan efektif mulai 13 Januari 2020. Sebelum itu, Chief Financial Officer Boeing Greg Smith akan bertindak sebagai CEO selama periode transisi.

Advertisement

Baca Juga: Akhir Boeing Benar-Benar Digugat

Seiring kepemimpinan baru, Boeing bertekad akan beroperasi dengan komitmen baru pula. Kellner dalam pernyataannya menekankan pentingnya transparansi dan komunikasi yang efektif dan proaktif dan regulator, baik Federal Aviation Administration maupun lainnya.

“Atas nama seluruh Dewan Direksi, saya senang bahwa Dave telah setuju untuk memimpin Boeing di saat yang kritis ini,” kata Kellner.

Lebih lanjut Kellner memuji dengan mengatakan, “Dave memiliki pengalaman dan rekam jejak yang terbukti dari kepemimpinan yang kuat,” dan Dave pun mengakui tantangan yang harus dihadapi.

Baca Juga: Kata Sundar Pichai Setelah Diminta Gantikan Pendiri Google

Advertisement

Sejak 1985

Muilenburg bukan orang baru dan tiba-tiba datang untuk mengisi dewan direksi di Boeing. Ia bergabung dengan Boeing sejak 1985 dan meniti karier secara berjenjang.

Ia menjabat Presiden Boeing dari Desember 2013-Desember 2019 dan CEO Boeing pada Juli 2015-Desember 2019.

Sebelum itu, Muilenbeurg dipercaya sebagai Vice Chairman, Presiden, dan COO Boeing. Ia juga pernah mengemban posisi sebagai Presiden dan CEO Boeing Defense, Space, & Security.●

—Paula Corona, TechnoBusiness Star/PRN ● Foto: Boeing

Advertisement

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.

Advertisement