Published
6 years agoon
TechnoBusiness Insight ● Ada yang menarik dari peta persaingan industri e-commerce di Tanah Air.
Setelah satu dekade terakhir saling bersaing menjadi yang terbaik, baik melalui pelibatan pemodal ventura maupun akuisisi, posisi-posisi puncak industri semakin mengerucut ke beberapa nama.
Kuartal 3/2017
Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Lazada, dan Blibli merupakan lima e-commerce yang per kuartal 3/2018 menduduki peringkat teratas, setidaknya dari sisi jumlah pengunjung.
Berdasarkan data dari SimilarWeb yang dipublikasikan kembali oleh iPrice Group, sejak kuartal 2/2018 jumlah pengunjung bulanan e-commerce Tokopedia asli Indonesia berhasil menyalip Lazada yang selama ini memegang rekor pengunjung terbanyak.
Kuartal 4/2017
Pada kuartal 3/2017, jumlah pengunjung bulanan Lazada, e-commerce yang menjangkau seluruh wilayah Asia Tenggara, tercatat sebanyak 96.343.000, sedangkan Tokopedia baru 93.783.000.
Pada kuartal 4/2018, jumlah pengunjung bulanan Tokopedia bertambah cukup banyak, yakni sebanyak 115.270.000, tapi jumlah pengunjung bulanan Lazada juga naik lebih tinggi, yaitu 131.848.000.
Kuartal 1/2018
Catatan menarik mulai terjadi pada kuartal 1/2018. Kala jumlah pengunjung Tokopedia bertambah menjadi 117.297.000, jumlah pengunjung Lazada justru anjlok ke angka yang nyaris sama dengan yang dicatatkan sang rival, yaitu 117.527.100.
Yang mengherankan, bukannya kembali naik, jumlah pengunjung bulanan Lazada per kuartal 2/2018 terus merosot amat dalam ke angka 49.990.700, hampir separuh dari kuartal sebelumnya. Perolehan itu menjadikan posisi Lazada terlempar ke posisi tiga.
Kuartal 2/2018
Tokopedia yang mencatatkan jumlah pengunjung bulanan sebanyak 111.484.000 menempati posisi teratas, sedangkan posisi kedua diduduki oleh Bukalapak, e-commerce yang juga asli Indonesia, dengan jumlah pengunjung sebanyak 85.138.900.
Rupanya “kejatuhan” Lazada dari besaran jumlah pengunjung belum berhenti pada kuartal 2/2018. Per kuartal 3/2018, Lazada hanya membukukan 36.405.200 pengunjung sekaligus menurunkan peringkatnya ke posisi empat.
Kuartal 3/2018
Posisi ketiga ditempati oleh Shopee, e-commerce asal Singapura, yang memperoleh 38.882.000 pengunjung per bulan. Bukalapak dan Tokopedia semakin kokoh di posisi kedua dan pertama karena jumlah pengunjungnya melonjak.
Per kuartal 3/2018, jumlah pengunjung bulanan Tokopedia naik 37% dibanding kuartal sebelumnya menjadi 153.639.700, sementara pengunjung Bukalapak tumbuh 13% menjadi 95.932.100.
Dapat dipahami bahwa besaran pendanaan telah mempengaruhi, tapi tak dimungkiri bahwa yang paling berperan dalam mendongkrak jumlah pengunjung bulanan adalah program-program promosi e-commerce itu sendiri.●
Teks: TechnoBusiness Insight
Data: SimilarWeb, iPrice Group
Grafis: TechnoBusiness ID, iPrice Group
Lazada Tawarkan Voucher Rp11 Miliar dalam Festival 11.11
Sstt, Ini Strategi Baru Lazada Sambut Festival Belanja 11.11
Lazada Ganti Logo. Apa Maknanya?
5 “Startup Unicorn” dengan Valuasi Terbesar di Dunia
Pasar TV Online Bakal Bernilai US$129 Miliar
Pasar Barang Teknik Konsumer Lewati €1 Triliun
Euromonitor: Waspadai Gejolak Ekonomi Global 2019
Jakarta Bukan Tujuan Utama Wisata Dunia
Ekonomi Digital Asia Tenggara Menuju US$240 Miliar