TechnoBusiness News
Layanan VAS Operator Seluler Tingkatkan Revenue Content Creator
Layanan VAS seperti SMS Berlangganan dari operator-operator seluler bisa meningkatkan pendapatan content creator.
Layanan VAS seperti SMS Berlangganan dari operator-operator seluler bisa meningkatkan pendapatan content creator.
Published
2 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Forest Interactive mengajak para content creator untuk memanfaatkan Value Added Service (VAS) atau biasa disebut layanan konten dari pengguna berbagai operator seluler yang ada di Indonesia. VAS bisa menjadi satu cara yang baik dalam mendistribusikan konten yang dibuat serta mendapatkan reach di luar subscribers dan followers akun media sosial yang dimiliki content creator.
Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat peningkatan penggunaan ponsel dalam satu dekade terakhir. Pada tahun 2021, jumlah pengguna ponsel di Indonesia mencapai 65,87% dari jumlah penduduk Indonesia. Peningkatan penggunaan ponsel linier dengan peningkatan jumlah penggunaan Internet di Indonesia, dimana laporan We Are Sosial menyebutkan pada tahun 2021, jumlah pengguna internet di Indonesia sebanyak 202,6 juta.
Baca Juga: Primary Guard Rilis Tren Keamanan Siber 2023: Perkembangan AI Hingga Akhir Era Password
Sementara itu, survei Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkap daftar operator seluler yang paling banyak digunakan masyarakat Indonesia pada tahun 2021-2022. Rinciannya ialah Telkomsel 41,94%, XL Axiata 20,44%, Indosat Ooredoo 17,78%, Tri (3) 14,08%, dan Smartfren 5,76%.
Pada 2019 lalu, Kasubdit Telekomunikasi Khusus dan Kelayakan Penyelenggaraan Telekomunikasi Kementerian Komunikasi dan Informatika, Gunawan Hutagalung menyebut market cap bisnis content provider, termasuk Value Added Service berada pada kisaran 1-2% dari total revenue industri fixed and mobile services atau kisaran Rp2 triliun lebih setiap tahun. Bisnis ini diprediksi memiliki prospek bagus sepanjang bertransformasi dengan baik, semisal mempunyai platform konten yang inovatif, seperti konten video kreatif atau layanan-layanan konten interaktif lainnya.
“Content creator harus memiliki konten yang unik dan menarik agar bisa ditonton banyak orang.”
Rizka Arsil, Country Manager (Indonesia Region) Forest Interactive, mengatakan, “Content creator harus memiliki konten yang unik dan menarik agar bisa ditonton banyak orang. Lebih daripada itu, mereka juga harus kreatif dalam cara menyampaikan kontennya.”
“Tahun lalu, Forest Interactive melalui Program Asik telah bekerja sama dengan para artis maupun content creator membuat berbagai activity hingga series content. Kini, kita kembali mengajak mereka untuk membuat sesuatu yang lebih kreatif dan menarik. Selain dapat menjangkau banyak orang dari pengguna operator seluler di Indonesia, VAS juga bisa meningkatkan revenue bagi para content creator,” lanjut Rizka.
Baca Juga: Strategi CloudMile Setelah Buka Kantor Baru di Jakarta
Forest Interactive telah bekerja sama dengan berbagai content provider, label, dan perusahaan operator seluler seperti Telkomsel, XL Axiata, 3, Indosat Ooredoo, dan Smartfren dalam penyediaan VAS berupa Ringtone (RT), Ring Back Tone (RBT), dan SMS berlangganan.
Forest Interactive juga telah bekerja sama dengan berbagai aktris dan content creator (Jonathan Liandi, Gebian, dan Panji Petualang); aktris (Aulia Sarah dan Nasya Marcella); penyanyi (Siti Badriah dan Fitri Carlina) ; dan public figure (dr Reisa Broto Asmoro) dalam penyediaan VAS.
Terbaru, Forest Interactive sedang bekerja sama dengan Jena Dammaya (content creator) dalam program “Diary Jena Si Ratu Cosplayer” dan Ustaz Riza Muhammad (tokoh agama) dalam program “Majelis Seru Bareng Ustaz Riza” yang termasuk dalam HIP500, program berhadiah kolaborasi dengan Telkomsel.
Aulia Sarah Cerita Jadi Aktris Horor di Film KKN Desa Penari
Pada 2022 lalu, Forest Interactive bekerja sama dengan Aulia Sarah, model dan aktris, dalam program NgeHIPBarengAuliaSarah. Pemeran Badarawuhi di film KKN Desa Penari ini bercerita tentang perjalanan karier, tantangan selama menjadi aktris horor, hingga kehidupan pribadinya. Program ini dapat disaksikan melalui kanal SMS berlangganan berupa url link yang berisi video eksklusif rentang 30 September 2022 hingga 30 Maret 2023.
Baca Juga: Strategi CloudMile Setelah Buka Kantor Baru di Jakarta
Untuk mendapat serial video dalam program NgeHIPBarengAuliaSarah tersebut, pelanggan Telkomsel dikenakan Tarif 2220/SMS dan mendapatkan 1 SMS per dua hari selama 180 hari. Beberapa pelanggan Telkomsel yang beruntung bahkan sudah mendapatkan berbagai hadiah dari NgeHIPBarengAuliaSarah, seperti Laptop Lenovo IdeaPad Flex Ryzen untuk pemenang utama, smartphone OPPO Reno 7 5G untuk dua orang pemenang kedua, dan smartphone Vivo Y15s untuk tiga orang pemenang ketiga.
Nasya Marcella Bongkar Rahasia Eksis Dunia Akting
Forest Interactive bekerja sama dengan Telkomsel dalam program VAS “Kupas Dunia Peran Bareng Nasya,” yang menghadirkan aktris Nasya Marcella dan dapat diakses oleh pelanggan Telkomsel mulai 10 Juni hingga 10 Desember 2022 lalu.
Saat itu, Nasya Marcella tengah menggarap proyek sinetron “Aku Bukan Wanita Pilihan.” Di balik kesibukannya tersebut, Nasya membagikan cerita seru mengenai kesehariannya mulai dari persiapan syuting, rahasia di balik layar, hingga cara khusus Nasya menjaga kesehatan dan kebugaran jasmani. Kisah ini dihadirkan secara eksklusif dalam konten video berlangganan.● (Sponsored Content)
THE BEST ADVICE
Realme C75 Jadi Smartphone Paling Tahan Lama di Dalam Air
Canon Selphy QX20, Printer Foto Portabel nan Cepat dan Praktis
Alto Network Jalin Kemitraan dengan MotionPay, E2Pay, Bank Jago
B. Braun Indonesia Resmikan Fasilitas Technical Service Baru
Kinerja Kinclong, Carro Raih Investasi Strategis dari Woori Venture
PNM Dukung Kementerian BUMN Tingkatkan Daya Saing UMKM
Ketika GenAI Jadi Penentu Kemenangan Persaingan Perusahaan
Grab Pilih Cloud AWS untuk Dukung Inovasi dan Pertumbuhan
4,6 Juta Serangan Siber di Indonesia pada Kuartal 3/2024 Diblokir