TechnoBusiness News
Yogurto Sasar Pasar Kelas Menengah-Atas, Pakar Pemasaran Ini Berikan Kunci Suksesnya
Yogurto menargetkan pasar kelas menengah-atas.
Yogurto menargetkan pasar kelas menengah-atas.
Published
3 months agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID ● Setelah sukses memperkenalkan produk Yogurto Fantastic Strawberry dan Yogurto Amazing Lychee pada pertengahan Agustus lalu, kini PT Ohealty Karichy Elysian (OKE) kembali meluncurkan varian barunya, yaitu Yogurto Wonderful DragonFruit.
Yogurto Fantastic Strawberry merupakan yogurt rasa buah stroberi yang berkhasiat membantu meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga hidrasi kulit, dan mencegah penyerapan kolesterol jahat, Yogurto Amazing Lychee yang berasa buah leci membantu meningkatkan sistem imun, menjaga tekanan darah, dan melancarkan pencernaan.
Sementara Yogurto Wonderful DragonFruit menyajikan yogurt rasa buah naga yang dapat menjaga sistem kekebalan tubuh, mengurangi risiko anemia, dan membantu mengatasi radang sendi. Sama seperti dua varian lainnya, Yogurto Wonderful DragonFruit dikemas dalam botol plastik 250 mililiter (ml).
“Keberhasilan dalam memasarkan produk Yogurto sebelumnya membuat kami tergerak untuk membuat hidup sehat bersama melalui varian baru ini,” kata Beverly Sandie, General Manager OKE, dalam peluncuran Yogurto Wonderful DragonFruit di Jakarta, Rabu (18/9).
Ia menjelaskan, Yogurto terbuat dari yogurt yang dikenal banyak manfaatnya karena kandungan probiotiknya menjadi sumber bakteri baik. Selain itu, mendukung asupan energi, protein, vitamin, dan nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh. Juga, bermanfaat dalam membantu metabolisme, menjaga daya tahan, dan meregenerasi sel.
Santo Kadarusman dari bagian corporate communications OKE menambahkan, produk-produk Yogurto terbuat dari susu sapi murni pilihan yang dipadu dengan potongan buah asli yang masih segar. Di dalamnya dilengkapi premium prebiotic, tanpa pewarna, tanpa gelatin, tanpa perasa, tanpa pengawet, dan tanpa pemanis buatan.
Strategi yang Tepat
Berbekal bahan baku berkualitas tinggi tersebut, maka OKE membanderol Yogurto Fantastic Strawberry, Yogurto Amazing Lychee, dan Yogurto Wonderful DragonFruit seharga Rp25.000 per botol. Penjualannya memanfaatkan sistem reselling yang saat ini reseller-nya sudah tersebar di Jabodetabek, Bandung, dan beberapa kota lain di Jawa Barat.
Melihat pergerakan Yogurto, Purjono Agus Suhendro, pakar pemasaran dari Indonesia Marketing Strategy Consultant (IMSC), memberikan beberapa pandangannya. Pertama, Product. Jika melihat bahan baku yang digunakan, produk-produk Yogurto memang berkualitas baik dan enak untuk dinikmati. Pasti konsumen menyukainya.
“Akan tetapi, merujuk pada bauran pemasaran (Marketing Mix), kita mengenal istilah 4P, yaitu Product, Price, Place, dan Promotion. Secara Product, kita yakini enak. Tidak ada masalah dengan produk. Tetapi, bagaimana dengan 3P lainnya?” ungkapnya kepada media di Jakarta, Jumat (20/9).
OKE membanderol produk-produk Yogurto dengan harga Rp25.000 per botol 250 ml dinilai cukup berani karena market leader di pasar yogurt Tanah Air, Cimory, menawarkan produk sejenis hanya seharga di bawah Rp10.000. Artinya, dari sisi Price, Yogurto menargetkan pasar kelas menengah-atas.
Kalau menyasar pasar kelas menengah-atas, kata Purjono, packaging-nya juga harus berkelas, harus premium. “Justru packaging itulah yang menjadi penentu konsumen itu mau membeli atau tidak (impulsive buying), terutama untuk brand yang masih baru, yang masih belum memiliki pelanggan, seperti Yogurto,” ujarnya.
Lalu, Place. Memasarkan dengan pola reselling sebagai jalur distribusi produk (Place) memang langsung kelihatan hasilnya, tetapi dalam jangka panjang, jika menyasar pasar kelas menengah-atas akan lebih baik masuk ke jaringan ritel premium demi membangun merek (brand building) terlebih dahulu. Menurut Purjono, “Jika brand-nya sudah diasosiasikan (brand association) sebagai premium brand, menyasar segmen lain akan lebih gampang.”
Terakhir, Promotion. Jika ingin menargetkan pasar kelas menengah-atas, strategi promosinya juga harus dikemas secara berbeda dengan brand-brand kelas menengah-bawah. “Membeli premium brand itu bukan sekadar membeli barang, melainkan juga emosi, status, dan gengsi. Karena itu, promosi dengan melibatkan influencer orang-orang sukses akan cukup efektif menarik pelanggan bagi Yogurto,” ungkap Purjono.●
-Intan Wulandari, TechnoBusiness ID
Realme C75 Jadi Smartphone Paling Tahan Lama di Dalam Air
Canon Selphy QX20, Printer Foto Portabel nan Cepat dan Praktis
Alto Network Jalin Kemitraan dengan MotionPay, E2Pay, Bank Jago
B. Braun Indonesia Resmikan Fasilitas Technical Service Baru
Kinerja Kinclong, Carro Raih Investasi Strategis dari Woori Venture
PNM Dukung Kementerian BUMN Tingkatkan Daya Saing UMKM
Ketika GenAI Jadi Penentu Kemenangan Persaingan Perusahaan
Grab Pilih Cloud AWS untuk Dukung Inovasi dan Pertumbuhan
4,6 Juta Serangan Siber di Indonesia pada Kuartal 3/2024 Diblokir