TechnoBusiness News
MMA Innovate Indonesia 2025 Ungkap Pergeseran Perilaku Konsumen Jelang Ramadan
MMA Innovate Indonesia 2025 diikuti oleh 1.000-an peserta.

● MMA Global Indonesia sukses menggelar konferensi tahunan MMA Innovate Indonesia 2025 di Jakarta.
● “Di era digital, memahami dinamika konsumen yang terus berkembang menjadi sangat penting.”
Jakarta, TechnoBusiness ID ● MMA Global Indonesia, asosiasi insan pemasaran dan periklanan global di Indonesia, menyatakan konferensi MMA Innovate Indonesia 2025 yang digelar di Park Hyatt Jakarta pada Rabu (22/1) berlangsung sukses.
Diikuti oleh lebih dari 1.000 peserta dari berbagai industri, MMA Innovate Indonesia 2025 tidak hanya membahas tentang perkembangan pemasaran di era AI, tetapi juga tren perilaku konsumen menjelang Ramadan yang terus berkembang.
Tren itu, misalnya, sebanyak 72% konsumen global memandang Ramadan merupakan periode utama untuk menemukan penawaran terbaik; 78% konsumen menyatakan terbuka untuk mencoba jenama baru selama periode Ramadan.
Menurut Sutanto Hartono, Chairperson of MMA Global Indonesia, temuan tersebut menyoroti semakin pentingnya strategi keterlibatan yang terarah dan inovatif untuk mewujudkan potensi informatif di periode unik, khususnya Ramadan.
“Pergeseran perilaku konsumen selama Ramadan menandai perubahan yang signifikan dalam hal cara jenama mendorong pertumbuhan,” kata Sutanto. “Di era digital saat ini, memahami dinamika konsumen yang terus berkembang menjadi sangat penting.”
Sementara Shanti Tolani, Country Head dan Board Member of MMA Global Indonesia, mengatakan, jenama yang paling sukses adalah jenama yang menciptakan paradigma baru atas dukungan teknologi, khususnya yang melibatkan kemajuan AI.●
—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID