TechnoBusiness News
MMA Impact Indonesia 2025 Soroti Pengaruh Agentic AI Terhadap Pemasaran
MMA Impact Indonesia digelar oleh MMA Global Indonesia.
● MMA Impact Indonesia 2025 berhasil mempertemukan para eksekutif dari berbagai perusahaan di Indonesia.”
● “Mandat pemasaran saat ini telah berkembang dari membangun kesadaran menjadi memberikan pertumbuhan.”
JAKARTA, TechnoBusiness ID ● MMA Indonesia, asosiasi insan pemasaran dan periklanan global di Indonesia, berhasil mempertemukan para eksekutif berbagai perusahaan dari multisektor melalui MMA Impact Indonesia 2025, yang digelar di The Grand Ballroom, The Ritz-Carlton Mega-Kuningan, Jakarta, Kamis (6/11).
Dalam forum itu, salah satu topik yang menjadi sorotan adalah pengaruh Agentic AI yang sedang berkembang terhadap dunia pemasaran. Sutanto Hartono, Ketua MMA Indonesia, mengungkapkan, mandat pemasaran saat ini telah berkembang dari membangun kesadaran menjadi memberikan pertumbuhan yang terukur dan nilai perusahaan yang berkelanjutan.
“Saat kita menavigasi gelombang pertumbuhan berikutnya, kepemimpinan pemasaran di Indonesia harus menyatukan pandangan strategis, Agentic AI, dan pengalaman pelanggan yang beresonansi secara emosional untuk memberikan nilai perusahaan,” katanya.
Sutanto melanjutkan, dengan adopsi AI, perusahaan memasuki era di mana para pemimpin harus menanamkan kecerdasan ke dalam setiap keputusan pemasaran, menyeimbangkan tujuan dengan kinerja, dan merancang pengalaman pelanggan yang membangun tidak hanya loyalitas, tetapi pertumbuhan jangka panjang.
Sementara Shanti Tolani, Country Head dan Direktur Dewan MMA Indonesia, berpendapat, para pemimpin saat ini harus melihat pada pertumbuhan kolektif dan kolaboratif serta berfokus pada data, inovasi, dan teknologi AI sebagai mesin terpadu.●
PURJONO AGUS SUHENDRO/TechnoBusiness ID
