Connect with us

TechnoBusiness Insights

Alibaba Group Bukukan Pendapatan US$5,14 Miliar

Published

on

  • Alibaba Group meraup pendapatan sebesar RMB34,2 miliar atau US$5,14 miliar sepanjang kuartal ketiga 2016.
  • “Hasil kami mencerminkan kemampuan kami dalam menguangkan 450 juta pengguna ponsel melalui perdagangan baru dan inovasi sosial.”

 

alibaba-1HANGZHOU – Alibaba Group Holding Limited belum lama ini mengumumkan bahwa sepanjang kuartal ketiga 2016 telah berhasil membukukan pendapatan sebesar RMB34,2 miliar atau sekitar US$5,14 miliar.

Pendapatan itu meningkat 55% jika dibandingkan dengan periode yang sama 2015. “Kami melaporkan pertumbuhan pendapatan yang kuat, yakni sebesar 55%, pada kuartal ini [ketiga 2016], dengan pertumbuhan yang kuat di masing-masing pelaporan kami di empat segmen,” kata Chief Financial Officer Alibaba Group Maggie Wu.

 

Pendapatan dari perdagangan inti Alibaba Group meningkat 41% per kuartal ketiga 2016.

 

Keempat segmen bisnis Alibaba yang menyumbangkan perolehan terbesar itu antara lain, pertama, pendapatan dari perdagangan inti yang meningkat 41% dari tahun ke tahun menjadi RMB28,29 miliar (US$4,17 miliar); kedua, pendaptan dari komputasi awan yang meningkat 130% menjadi RMB1,49 miliar (US$224 juta).

Advertisement

alibaba-2Ketiga, pendapatan dari media digital dan hiburan yang meningkat 302% menjadi RMB3,60 miliar (US$541 juta); dan keempat, pendapatan dari inisiatif inovasi dan lain-lain yang naik 78% menjadi RMB698 juta (US$104 juta).

“Arus kas kami sangat menguntungkan dan generatif inti perdagangan memungkinkan kami berinvestasi di ranah pertumbuhan di komputasi awan, media digital dan hiburan, juga inisiatif inovasi,” ujar Wu.

alibaba-daniel-zhang

“Arus kas kami sangat menguntungkan,” kata Maggie Wu, CFO Alibaba Group

 

Alibaba berharap masing-masing bisnis tersebut mendorong nilai jangka panjang bagi pelanggan dan pemegang saham. Tentu saja, kekuatan itu merupakan hasil dari kemampuan perusahaan dalam “menguangkan” 450 juta pengguna ponsel, terutama di China.

“Di luar kinerja yang kuat dari bisnis perdagangan inti kami, kami senang dengan pertumbuhan yang cepat dari bisnis komputasi awan kami. Kami juga melihat potensi besar di bisnis baru kami, yaitu media digital dan hiburan terintegrasi,” tambah Chief Executive Officer Alibaba Group Daniel Zhang.●

Katthy Fang, TechnoBusiness; Foto-Foto: Alibaba Group

Advertisement

 


Data TechnoBusiness

Alibaba Group Holding Limited merupakan online business to business marketplace asal Hangzhou, Zhejiang, China, yang didirikan oleh Jack Ma pada 4 April 1999. Seiring berjalannya waktu, marketplace ini terus tumbuh ke berbagai layanan, termasuk online auction hosting, online money transfer, dan mobile commerce.

Advertisement