Connect with us

Startups

Indonesia Pengguna Aplikasi PhotoGrid Terbesar di Dunia

Published

on

  • Dari 300 juta pengguna aplikasi penyuntingan foto PhotoGrid buatan Cheetah Mobile asal China di seluruh dunia, sebanyak 100 jutanya berasal dari Indonesia.
  • “Kami sangat antusias memperkenalkan PhotoGrid versi 6.0 yang menyenangkan.”

 

JAKARTA & SAN FRANCISCO – Indonesia merupakan negara dengan pengguna aplikasi penyuntingan foto PhotoGrid paling banyak di dunia. Menurut Jeremy Peng, Head of Product PhotoGrid, dari 300 juta pengunduh di seluruh dunia, 100 jutanya berasal dari Indonesia.

Besarnya pasar itulah yang menjadi alasan mengapa PhotoGrid memilih Indonesia sebagai pasar pertama untuk memperkenalkan fitur baru. Apalagi, kata Peng dalam konferensi pers “PhotoGrid 6.0 ‘Lens have fun with PhotoGrid’” di Jakarta, Jumat (13/1), penetrasi internet di Indonesia terus tumbuh.

Saat ini, dari total pengguna, setidaknya ada 15 juta foto diedit di PhotoGrid setiap hari. Aplikasi itu memiliki fitur-fitur andalan, yakni Grid, Scrapbook, Filmtrip, dan Share to Social.

Dengan demikian, pengguna PhotoGrid 6.0 dapat membagikan ke platform media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Path secara mudah.

Ditambah, aplikasi tersebut mempunyai fitur teranyar, yakni Rolling Comments untuk saling memberikan komentar, Personalized Feed yang memungkinkan saling follow, dan menu pengeditan canggih berupa Intelligent Editing.

Advertisement

PhotoGrid merupakan aplikasi penyuntingan foto yang dikembangkan oleh Cheetah Mobile Inc., perusahaan internet mobile yang berbasis di Beijing, China. Selain PhotoGrid, produsen teknologi tersebut juga mengembangkan aplikasi Battery Doctor, Clean Master, CM Applock, CM Browser, CM Security, dan lainnya.

Vice President of Product & User Experience Cheetah Mobile, Jill Shih, di San Francisco, mengungkapkan bahwa aplikasinya mengajak semua orang untuk mengedit foto di luar kebiasaan. “Kami sangat antusias memperkenalkan PhotoGrid versi 6.0 yang menyenangkan,” katanya.

Meski begitu, merujuk pada data TechnoBusiness, PhotoGrid mesti pintar-pintar menarik dan mempertahankan jumlah pengguna mengingat pengembang aplikasi semacam itu tidaklah sedikit. Sebab, kompetitor seperti Cymera, Pixlr Free Photo, Beauty Plus juga tak henti melakukan inovasi.**

Intan Wulandari & Philips C. Rubin, TechnoBusiness Indonesia & TechnoBusiness Foto-Foto: Cheetah Mobile  

 

Advertisement

Data TechnoBusiness

Cheetah Mobile Inc. adalah perusahaan internet mobile terkemuka asal China. Perusahaan yang berdiri pada 2010 ini merupakan hasil merger dari Kingsoft Security dan Conew Image. Kini, beragam aplikasi mobile telah berhasil dikembangkan oleh perusahaan ini, di antaranya Battery Doctor, Clean Master, CM Applock, CM Browser, dan CM Security.