Connect with us

TechnoBusiness Insights

Bisnis Semikonduktor Global Bukukan Penjualan US$338,9 Miliar

Published

on

  • Semiconductor Industry Association melaporkan bahwa nilai penjualan teknologi semikonduktor global sepanjang 2016 mencapai US$338,9 miliar.
  • “Setelah mengalami perlambatan awal tahun, pasar semikonduktor global mulai meningkat kembali pada pertengahan tahun.”

 

WASHINGTON – Bisnis teknologi semikonduktor global selama 2016 berhasil membukukan penjualan hingga US$338,9 miliar. Menurut World Semiconductor Trade Statistics yang disampaikan kembali oleh Semiconductor Industry Association (SIA), asosiasi industri, desain, dan penelitian terkait semikonduktor Amerika Serikat, dan angka tersebut merupakan perolehan tahunan tertinggi, walau hanya naik 1,1% dari 2015.

Dalam satu bulan Desember saja bisnis semikonduktor dunia mencapai US$31 miliar. Pada kuartal keempat, industri tersebut membukukan penjualan US$93 miliar. Itu berarti 5,4% lebih tinggi daripada kuartal sebelumnya, 12,3% lebih tinggi ketimbang periode yang sama pada 2015.

“Setelah mengalami perlambatan pada awal tahun, pasar semikonduktor mulai menunjukkan pertumbuhan pada pertengahan tahun tanpa melihat ke belakang sehingga membukukan penjualan tahunan tertinggi,” ungkap John Neufferr, Presiden dan CEO Semiconductor Industry Association seperti yang dilaporkan PRNewsWire dan AsiaNet.

Neuffer menjelaskan bahwa pertumbuhan pasar semikonduktor didorong oleh faktor ekonomi makro, tren industri, dan kebutuhan dari berbagai bentuk teknologi. Pasar regional China memimpin peningkatan penjualan dengan angka 9,2%, diikuti Jepang (3,8%). Peningkatan itu justru ketika penjualan gabungan di Asia Pasifik justru -1,7%, Eropa -4,5%, dan Amerika -4,7%.**

Philips C. Rubin, TechnoBusiness ● Grafis: Istimewa    

Advertisement