Connect with us

TechnoBusiness Insights

Pendapatan Box Office Global 2020 Parah, Cuma US$12,2 Miliar

Published

on

Pendapatan box office global 2020 anjlok cukup parah akibat pandemi COVID-19. Bagaimana dengan tahun ini?

California, TechnoBusiness Insights • Comscore (Nasdaq: SCOR), perusahaan pengukuran dan analitik media global yang berpusat di Reston, Virginia, pada Jumat (15/1) merilis data terbaru terkait pendapatan box office global 2020.

Baca Juga: TikTok Awards Indonesia 2020 Digelar, Berikut Nominasinya

Dari data tersebut diketahui bahwa pendapatan box office global sepanjang 2020 amat memprihatinkan, yakni hanya US$12,2 miliar.

Advertisement

Pendapatan box office global 2020 itu anjlok parah jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya yang mencatatkan angka US$42,5 miliar pada 2019; US$41,8 miliar pada 2018; dan US$40,9 miliar.

Pendapatan box office global tahunan sejak 2012, sesuai data yang tertera, bahkan tidak pernah lebih kecil dari pendapatan box office global 2020.

Baca Juga: Bluebird Akan Segera Rilis Aplikasi MyBluebird Versi Terbaru

Penyebabnya, tentu saja pandemi COVID-19. Selama pandemi, masyarakat di seluruh dunia dibatasi pergerakannya, termasuk tidak boleh pergi ke gedung bioskop dan pusat teater.

Pendapatan box office global 2020 amat memprihatinkan.

Gedung-gedung bioskop dipaksa tutup demi memutus penularan COVID-19 akibat kerumunan. Sampai sekarang pandemi tetap belum berakhir.

Advertisement

Di Amerika, pendapatan box office-nya anjlok dari US$11,40 miliar menjadi hanya US$2,25 miliar.

Ketertarikan penggemar film layar lebar pada Wonder Women 1984, The Croods: A New Age, Unhinged, dan The Wretched tak mampu mencatatkan pertumbuhan pendapatan.

Di China, yang didorong oleh pendapatan film The Eight Hundred dan My People, My Homeland, juga tak sanggup menggerakkan pertumbuhan secara maksimal sehingga anjlok dari US$9,20 miliar menjadi hanya US$3,10 miliar.

Baca Juga: Ovo Tawarkan Layanan Pembayaran Asuransi Proteksi Sepeda

Walau begitu, Senior Media Analyst Comscore Paul Dergarabedian mengatakan, secercah harapan mulai datang. Tanda-tanda pemulihan di seluruh dunia telah terlihat.

Advertisement

“Hari ini, kami tahu bahwa penonton sangat ingin kembali untuk menikmati pengalaman teater dan bioskop,” ungkapnya.

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: Comscore, Januari 2021

Foto: PRN

 

Advertisement

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

Continue Reading
Advertisement