Connect with us

TechnoBusiness Insights

7 Prediksi Teratas Tentang Dunia Startup Global 2023

Setelah memecahkan rekor investasi awal pada 2021, dunia startup kembali ke titik sulit akibat resesi ekonomi global.

Published

on

Pendanaan dan valuasi dunia startup global pada 2023 diperkirakan akan turun seiring pelemahan ekonomi makro.

Singapura, TechnoBusiness Insights SG  Maju kena mundur kena. Kira-kira seperti itulah gambaran dunia startup global saat ini. Betapa tidak, jika terus bergerak maju untuk melakukan ekspansi, kondisi ekonomi sedang tidak baik-baik saja.

Sebaliknya, jika memilih mundur, sejatinya itu bukan pilihan, melainkan keterpaksaan. Keterpaksaan yang berarti pula kekalahan dari pasar yang coba dimasukinya.

Baca Juga: 3 Perusahaan Tempat Kerja Terbaik di Indonesia Saat Ini

Lantas, seperti apa yang akan terjadi pada dunia startup global tahun ini? Berikut tujuh prediksi teratas yang disimpulkan oleh Crunchbase:

Advertisement

1. Pasar IPO tetap lesu

    Meski ada yang berencana melakukan penawaran saham perdana (initial public offering/IPO), seperti unicorn logistik Flexport dan aplikasi pengiriman bahan makanan Instacart, pasar IPO bagi startup kembali lesu.

    2. Banyak merger dan akuisisi

      Di masa resesi membayangi ekonomi global, diperkirakan banyak startup bakal memilih merger dan akuisisi. Meskipun kenaikan suku bunga membuat modal lebih mahal, kemungkinan masih banyak investor berkantong tebal yang siap memburu startup-startup bervalusasi diskon selama setahun ke depan.

      Maju kena mundur kena. Kira-kira seperti itulah gambaran dunia startup global saat ini.

      3. Valuasi keamanan siber kembali turun

      Advertisement

      Startup keamanan siber yang didanai dengan baik oleh para investor tahun ini diperkirakan tidak akan terbebas dari penurunan valuasi. Jika selama 2022 menempati peringkat pendanaan yang terbesar kedua, tahun ini valuasi sektor keamanan siber akan melandai.

      4. Fintech akan tetap menarik

      Industri teknologi finansial (fintech) yang pada 2022 menerima investasi cukup besar, kemungkinan tahun ini akan tetap menarik walaupun terjadi penurunan pendanaan. Industri ini juga akan dibayang-bayangi kabar kebangkrutan perusahaan-perusahaan kripto.

      5. Investor kehilangan selera pada daging nabati

      Pendanaan ke startup daging nabati anjlok. Crunchbase melaporkan bahwa pendanaan ke startup-startup tersebut diperkirakan turun dari hampir US$2 miliar pada 2021 menjadi hanya US$800 juta tahun ini.

      Advertisement

      Baca Juga: Pasar Edtech Global Diperkirakan Bakal Tumbuh 15,3%

      6. Biotek menawarkan titik terang yang langka

      Biotek menjadi harapan bagi dunia startup yang masih menunjukkan pertumbuhan berkelanjutan, setidaknya dalam beberapa tahun ke depan. Banyak startup biotek yang dapat menghasilkan keuntungan jauh sebelum mereka benar-benar membuat dan menjual obat hanya dengan melisensikan platform mereka ke perusahaan biotek lainnya.

      7. Orisinal masuk, peniru keluar!

      Era mengikuti apa pun yang sedang tren sepertinya akan berakhir dan digantikan dengan Sang Pencipta Orisinalitas. Jadi, kemungkinan pasar tidak akan melihat lagi startup sebagai Uber of X atau Shopify of X.

      Advertisement

      Teks: TechnoBusiness Insights SG

      Data: Crunchbase, Januari 2023

      Foto: Pixabay

      Advertisement
      Continue Reading
      Advertisement
      1 Comment

      1 Comment

      1. Pingback: Pemesanan Penerbangan ke Asia Pasifik Jelang Imlek Naik 250%

      Leave a Reply

      Your email address will not be published. Required fields are marked *