TechnoBusiness Insights
Belanja Iklan Mobile Game 2024 Diperkirakan Capai US$103 Miliar
Belanja iklan mobile game tahun ini naik dipengaruhi oleh tumbuhnya pasar gaming global.
Jakarta, TechnoBusiness Insights ID ● Nilai mobile payment global diyakini bakal terus tumbuh dari tahun ke tahun mengingat teknologi dan perilaku penggunaan yang semakin mobile.
TechnoBusiness Insights: Layar Sentuh TFT LCD In-Cell Otomotif Dominasi Pengiriman 2025
Berdasarkan data yang diungkap Adjust, nilai mobile payment diperkirakan berkontribusi sebesar 79% dari total transaksi global dan akan bernilai US$607,9 miliar pada 2030.
Perusahaan pengembang aplikasi pengukuran pemasaran di bawah naungan AppLovin (Nasdaq: APP) itu mengungkapkan bahwa mobile payment mendorong pengadopsian aplikasi fintech.
Pada 2023, pendapatan aplikasi fintech naik 118%, diiikuti dengan jumlah instalasi dan jumlah sesi aplikasi yang naik sebesar 42% dan 24%, dibanding tahun sebelumnya.
Survei yang dirangkum dalam laporan Tren Mobile App 2024 tersebut juga menyebutkan Asia Pasifik meraih kenaikan instalasi aplikasi fintech terbesar, yakni 48%, dibanding kawasan lainnya.
TechnoBusiness Insights: Gaji Talenta Startup di Indonesia Turun Tajam, Apa Sebabnya?
Jumlah instalasi aplikasi game global kembali meningkat pada kuartal 4/2023 dengan kinerja positif sebesar 7%. Dari kategori itu, action game meraih pangsa pasar terbesar (18%) diikuti hiperkasual (14% dan puzzle (14%).
Karena itu, nilai belanja iklan mobile game global pun terus tumbuh—yang pada 2024 diperkirakan mencapai US$103 miliar dan menjadi US$131 miliar pada 2025.
“Mobile app marketing dan optimasi kampanye sebetulnya tidak terlalu kompleks,” kata Simon Dussart, CEO Adjust. “Mobile marketer dan developer dapat memanfaatkan data untuk mengambil keputusan cerdas.”●
Teks: TechnoBusiness Insights ID
Data: Adjust, Maret 2024
Foto: Pixabay