FIn Komodo, kendaraan multiguna yang meraih penghargaan Grand Awards IGDS 2020.

Fin Komodo, kendaraan multiguna asal Cimahi, berhasil meraih penghargaan Grand Awards IGDS 2020.

Jakarta, TechnoBusiness ID • PT Fin Komodo Teknologi, produsen mobil multiguna asal Cimahi, Jawa Barat, dengan merek Fin Komodo, meraih penghargaan Grand Awards IGDS 2020.

Baca Juga: Sharp Aquos Sense4 Plus, Smartphone Gaming Keluaran Sharp

Grand Awards IGDS 2020 adalah penghargaan yang diperuntukkan bagi desainer lokal demi merangsang tumbuhnya inovasi desain produk industri asli dalam negeri dari Kementerian Perindustrian.

Dalam ajang Grand Awards IGDS 2020, Fin Komodo merupakan mobil multiguna yang dinobatkan sebagai salah satu pemenang dari kategori Design Products.

Fin Komodo dirancang oleh Ibnu Susilo sebagai kendaraan roda empat yang dapat melintasi medan terjal, tapi didesain dengan kenyamanan bagaikan mobil sedan.

Baca Juga: A.S. Watson dan Grab Kolaborasi Garap Pasar Kesehatan



Fin Komodo mampu menjadi tonggak desain kendaraan multiguna di Indonesia.

Sejak didirikan pada 2018, Fin Komodo Teknologi telah memproduksi delapan mobil multiguna, baik untuk pasar dalam negeri maupun luar negeri.

Menurut Direktur Jenderal Industrik Kecil, Menengah, dan Aneka Kementerian Perindustrian Gati Wibawaningsih, Fin Komodo diciptakan dengan menggabungkan teknologi pesawat dan kendaraan darat.

Sekilas mirip Jeep terbuka, Fin Komodo yang hanya berbobot 420 kilogram memiliki suspensi yang lentur dan kendali yang ringan dan lincah. Penggunaan dan perawatannya pun amat mudah.

Baca Juga: Mau Nonton YouTube Sepuasnya dengan Kuota Unlimited 3?


“Di level Asia, kalau produk kita sudah dilirik oleh acara-acara di luar negeri berarti dia punya daya saing. Kalau sudah dapat Grand Awards IGDS, daya saingnya pasti bisa lebih meningkat,” ujar Gati.

Sejalan dengan Gati, pengamat desain otomotif Rudi Budiman menilai Fin Komodo mampu menjadi tonggak desain kendaraan multiguna di Indonesia.

“Kehadirannya menjawab semua kebutuhan area rural dan sangat berpotensi untuk pengembangan desain yang lebih spesifik,” katanya pada Rabu (20/1).


Baca Juga: Harga Aset Kripto Ethereum Naik 1.000% Setahun

Terlebih, Fin Komodo bisa menjadi kendaraan operasional TNI, para penjaga hutan, evakuasi korban bencana alam, dan lain sebagainya.

Untuk memilikinya, penggemar off-road atau perusahaan-perusahaan yang membutuhkan dapat memboyong Fin Komodo hanya dengan Rp110 juta per unit.•

—Vino Darmawan, TechnoBusiness ID • Foto: Fin Komodo

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TV. Jangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here