E-Commerce
Ini Alasan Bank BRI Luncurkan Halal Mall
Published
6 years agoon
Bank BRI menggandeng Tokopedia membuat program Halal Mall guna membantu UMKM halal bisa berjualan secara online.
Jakarta, TechnoBusiness ID ● PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. (IDX: BBRI), salah satu bank terbesar di Indonesia, kemarin meluncurkan Halal Mall. Mal halal itu ditempatkan di online marketplace terbesar Tokopedia.
Direktur Konsumer Bank BRI Handayani menjelaskan, Indonesia memiliki peluang bisnis yang tinggi di industri e-commerce beserta gaya hidup halalnya. Menurut Global Muslim Travel Index 2019, wisata halal Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia.
Baca Juga: Bingung Cari Makanan Halal di Luar Negeri? Tanya Sofia Saja
Peringkat itu didukung oleh 85% populasinya kaum muslim. “Tentu saja menjadi potensi tersendiri bagi UMKM halal,” ungkap Handayani. Sayangnya, UMKM-UMKM halal sering kali terkendala dalam pemasarannya.
Handayani mencontohkan, pengrajin kaligrafi sudah habis waktunya untuk membuat ukiran dan mencetak bingkai sehingga tidak ada waktu untuk mengurusi penjualan. “Akhirnya, produknya hanya terjual di sekitarnya saja,” katanya.
Untuk itu, Bank BRI menggandeng Tokopedia membuat program Halal Mall guna membantu UMKM halal bisa berjualan secara online. Bank BRI mengajak 50 UMKM sebagai tahap awal.
Baca Juga: Penjualan Kosmetik Halal Diperkirakan Mencapai US$55 Miliar
“Melalui kolaborasi dengan Bank BRI, kami berharap kehadiran Halal Mall di official store Tokopedia menjadi pilihan pasti bagi konsumen untuk mencari produk halal,” ujar Vice President of Corporate Communications Tokopedia.
Jeffrey Bahar, Group Deputy CEO Spire Research and Consulting, perusahaan riset dan konsultasi bisnis global yang berpusat di Jepang, berpendapat bahwa Indonesia memang pasar yang luar biasa, termasuk untuk produk-produk halal.
Jika dihitung, 85% dari total populasi penduduk pada 2018 sebesar 265 juta jiwa berdasarkan data Badan Pusat Statistik, maka pasar produk halal di Indonesia ada sekitar 225 juta. “Itu pasar yang sangat besar dan menggiurkan,” kata Jeffrey kepada TechnoBusiness Indonesia, Selasa (7/4).
Baca Juga: Selama Ramadhan, Cashbac Beri Casback 50%
Ia bahkan berpikir, sebagai pasar halal terbesar di dunia, Indonesia seharusnya juga menjadi produsen produk-produk halal terbesar di dunia. Sehingga, kata Jeffrey, selain melayani pasar dalam negeri, juga memasok pasar-pasar halal di mancanegara.
“Kalau itu bisa dijalankan, saya yakin UMKM di Indonesia bisa tumbuh dengan baik sehingga perekonomian nasional turut meningkat lebih kuat,” ungkap Jeffrey. “Apa yang dilakukan Bank BRI sudah benar sebagai upaya membantu UMKM dan perekonomian nasional.”●
—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID ● Foto: Bank BRI
You may like
-
BRI Gandeng Tencent Cloud untuk Perkuat Layanan Digital
-
Jumlah Transaksi Tokopedia Now! Kuartal 3/2022 Naik 24 Kali Lipat
-
Ckckk! Ada Seorang Pelanggan Tokopedia Berbelanja Hingga 19.000 Kali dalam Setahun
-
Tokopedia: “Hadapi Pandemi, Kami Ubah Strategi Kampanye”
-
GoApotik dan Tokopedia Permudah Penebusan Obat BPJS
-
Tokopedia Tarik Pendanaan Baru hingga US$1,5 Miliar
-
Masayoshi dan Oleh-Olehnya untuk Indonesia
-
Tokopedia Catatkan Transaksi Rp18,5 Triliun Selama Ramadan
-
Valuasi Tokopedia Diprediksi Mencapai US$7 Miliar