Google akuisisi startup Pointy asal Dublin, Irlandia.

Google mengakuisisi Pointy asal Dublin dengan nilai jauh di atas besaran pendanaan yang diperoleh startup tersebut.

California, TechnoBusiness ● Raksasa internet Google LLC mengakuisisi Pointy, startup yang memungkinkan peritel offline memasarkan produknya ke ranah online secara mudah asal Dublin, Irlandia.

Baca Juga: Standard Chartered: Ekonomi Indonesia pada 2020 Tumbuh 5,1%

Pointy memiliki perangkat keras unik dengan ukuran tak terlalu besar dan berantena. Untuk mengoperasikannya, perangkat itu harus disambungkan ke perangkat Point of Sales (POS) di toko-toko.

Pointy membanderol perangkat tersebut seharga US$899. Beberapa aplikasi Point of Sales yang dapat tersambung dengan Pointy antara lain Clover, Vend, Liberty, Square, WooPOS, CashRx POS, dan BestRx.

Baca Juga: Telkomsel Danai Startup Logistik Roambee Asal Amerika

Sejak didirikan oleh Charles Bibby dan Mark Cummins dengan nama legal Pomo Search Ltd. pada 2014, Pointy telah memperoleh beberapa kali pendanaan.



Pada Maret 2015, pendanaan pertamanya, Pointy memperoleh seed round senilai US$1,2 juta dari empat pemodal ventura, antara lain Seedcamp, LocalGlobe, Frontline Venures, dan Audrey Capital.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.

[nextpage]

Pendanaan kedua diperoleh Pointy berupa Seri A senilai US$6 juta dari tiga investor yang dipimpin investor sebelumnya, Frontline Ventures, pada September 2017.

Baca Juga: Frost & Sullivan: Pahami 4P dalam Tren Industri Ritel 2020!

Kemudian pada Juli 2018 Pointy—yang bersaing dengan Wanelo, Poshmark, Dote Shopping, dan lain-lain—kembali memperoleh pendanaan Seri B senilai US$12 juta dari Polaris Partners dan Vulcan Capital.

Pointy, menurut Owler, perusahaan internet pemberi pandangan kompetitif industri yang berbasis di San Mateo, California, diprediksi mengeruk pendapatan sebesar US$2 juta per tahun.

Spire Insight: E-commerce Melesat, Toko Offline Meredup

Kini, Pointy diakuisisi oleh Google. Tidak disebutkan berapa nilai akuisisi tersebut, tapi TechCrunch mengungkap kemungkinan sebesar US$163 juta. Jika benar, itu berarti jauh dari total pendanaan yang diperolehnya sebesar US$19,2 juta.

Duo pendiri Pointy, Mark dan Charles, lewat website perusahaan membenarkan aksi korporasi itu dan menyatakan proses akuisisi tersebut diharapkan ditutup dalam beberapa minggu mendatang.

“Enam tahun terakhir telah menjadi petualangan yang luar biasa, dan hari ini menandai dimulainya babak baru,” tulis Mark dan Charles.


 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.

[nextpage]

Dari awal yang kecil, keduanya mengaku bangga melayani pengecer lokal di hampir setiap kota di Amerika dan seluruh Irlandia. “Banyak orang berbakat telah bergabung dengan tim kami,” katanya.

Baca Juga: 3 Cara Meningkatkan Retensi Pelanggan lewat Facebook

Mark dan Charles juga mengungkapkan bahwa sebenarnya akuisisi itu tidak terlalu mengagetkan karena selama beberapa tahun terakhir Pointy telah bermitra sangat dekat dengan Google.

“Ketika kami memulai Pointy, misi kami adalah membuat segalanya menjadi lebih baik bagi pengecer lokal,” ujar Mark dan Charles. “Hari ini merupakan langkah maju bagi Pointy, tapi masih ada jalan panjang untuk ditempuh.●

—Philips C. Rubin, TechnoBusiness ● Foto: Pointy

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe“.

LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here