Transformsi bisnis digital perusahaan menjadi sebuah keharusan.

Ada tiga tantangan transformasi bisnis digital perusahaan di Indonesia, setidaknya menurut para CIO anggota iCIO Community.

Jakarta, TechnoBusiness Insights ● Hampir semua eksekutif perusahaan menyadari bahwa transformasi bisnis digital amat perlu dan harus segera dilakukan.

Baca Juga: Ubah Model Bisnis jadi Prioritas Utama Perusahaan Indonesia

Hal itu terungkap dalam survei yang dilakukan iCIO Community terhadap 50 CIO perusahaan yang menjadi anggotanya pada pertengahan Juni ini.

Namun, transformasi bisnis digital perusahaan tidak semudah “membalikkan telapak tangan”.

Setidaknya ada tiga tantangan utama bagi perusahaan dalam melakukan transformasi bisnis digital saat ini, terutama karena pandemi, menurut para CIO tersebut.

Baca Juga: Transformasi Bisnis Telkomsel Dinilai Sukses


Pertama, infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi yang dimiliki perusahaan belum siap secara optimal untuk menjawab kebutuhan yang disebabkan oleh perubahan pasar dan perilaku konsumen.

Kedua, seluruh karyawan belum terbiasa bekerja secara remote tapi tetap kolaboratif. Ketiga, perlunya mendesain ulang produk atau model bisnis perusahaan.

Memang, 41% CIO mengatakan anggaran teknologi perusahaan mereka saat ini tidak diubah, tapi lebih diprioritaskan untuk menghadapi tantangan yang muncul akibat pandemi.

Baca Juga: Strategi Baru GoPro Setelah Terjerembab Pandemi

Sebanyak 21% CIO mengatakan perusahaan telah mengubah alokasi dananya dari sebelumnya lebih banyak capex menjadi opex. Sementara itu, 20% CIO lainnya mengaku lebih memprioritaskan untuk operasional.

Sebaliknya, hanya 13% CIO yang anggaran teknologi informasinya ditambah dan 5% yang tidak berubah sama sekali, baik alokasi maupun jumlahnya.

Salah satu teknologi yang menjadi prioritas untuk diadopsi adalah teknologi virtual meeting and collaboration tools, digital and commerce, serta network and access security.

Baca Juga: 6 Strategi Bertahan Perusahaan dari Krisis Corona

Koordinator Divisi Riset iCIO Community Abidin Riyadi Abie mengatakan transformasi bisnis digital bukan lagi sebuah pilihan bagi perusahaan.

“Krisis ini menjadi kesempatan bagi CIO dalam meyakinkan jajaran manajemen untuk mengakselerasi implementasi strategi transformasi bisnis digital,” katanya.

Selain itu, juga mendorong perusahaan untuk terus melakukan berbagai terobosan dan inovasi agar selalu relevan dengan tantangan dan mampu terus tumbuh dan berkembang secara berkelanjutan.●

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: iCIO Community

Foto: Istimewa


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here