Jumlah pengguna domain .id selama 2019 naik 45% jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.  

Jakarta, TechnoBusiness ID ● Berdasarkan data Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI), jumlah pengguna domain .id (Top Level Domain Indonesia) terus meningkat setiap tahunnya.

Baca Juga: Tangkap Peluang, Niagahoster Luncurkan WordPress Store

Sejak diperkenalkan pertama kali pada 2014, peningkatan yang paling signifikan terjadi dalam satu tahun terakhir, yakni pada 2019.

PANDI menyebutkan jumlah pengguna domain .id selama 2019 naik 45% menjadi 135.812 nama dibanding tahun sebelumnya. Padahal, per April 2019 jumlahnya baru 111.059 nama.

Baca Juga: Pendaftaran Nama Domain Global Mencapai 354,7 Juta

Bahkan, jumlah pengguna domain .id (Top Level Domain) sudah melampaui Second Level Domain seperti .co.id. yang per April 2019 baru sekitar 110.111 nama, meski domain .co.id sudah lahir sejak 2017.


Peningkatan jumlah pengguna domain .id itu juga dirasakan oleh perusahaan penyedia layanan web-hosting, domain, dan server seperti PT Web Media Technology Indonesia (Niagahoster).

Baca Juga: Inilah Data Penjualan Ponsel Pintar Global 2019-2021

Niagahoster, yang berbasis di Yogyakarta, menyebutkan jumlah pengguna domain .id yang terdaftar melalui layanannya menempati nomor dua setelah .com.

Penjualan domain .id di Niagahoster mengalami peningkatan dalam dua tahun terakhir. Yang menunjukkan, kata Yogi Maulana, Data Analyst Niagahoster, preferensi orang mulai menggunakan Top Level Domain tersebut.

 

Simak berita-berita kami dalam bentuk video di kanal TechnoBusiness TVJangan lupa berikan atensi Anda dengan “like, comment, share, dan subscribe”.


LEAVE A REPLY

Masukkan komentar Anda di sini!
Please enter your name here