E-Commerce
JD.ID Buka Toko Berbasis AI Pertama di Indonesia
Published
6 years agoon
Jakarta, TechnoBusiness ID • JD.ID, anak perusahaan e-commerce JD.com asal China di Indonesia, membuka toko ritel berbasis teknologi Artificial Intelligence (AI) di lantai tiga PIK Avenue, Jakarta.
Toko ritel yang mengedepankan pengalaman berbelanja (shopping experience) yang dibuka pada Kamis (2/8) itu bagi JD.com merupakan yang pertama bukan hanya di Indonesia, melainkan juga di kawasan Asia Tenggara.
Baca Juga: Gerak Cepat JD.ID Menaklukkan Pasar E-commerce Indonesia
Toko yang futuristik itu diberi nama JD.ID X. Konsumen akan mendapatkan pengalaman berbelanja yang berbeda dari biasanya. Sebab, ritel seluas 270 meter persegi itu sarat teknologi.
Teknologi yang digunakan antara lain pemindai wajah, radio-frequency identification (RFID), dan metode pembayaran non-tunai (cashless).
Presiden Direktur JD.ID Zhang Li mengungkapkan rasa bangganya telah menghadirkan JD.ID X yang menjadi pusat pengalaman berbelanja berbasis AI pertama sekawasan regional Asia Tenggara.
“Ini merupakan langkah pertama dalam pemanfaatan teknologi kami untuk memperkuat Indonesia dengan sebuah pengalaman berbelanja yang baru,” ungkap Li saat acara pembukaan.
Pengenalan ritel berteknologi AI itu hanyalah awal dari komitmen jangka pajang JD.ID dan JD.com di Tanah Air.
“Dengan mewujudkan konsep AI ke dalam bisnis yang sebenarnya untuk pertama kali di Indonesia, kami terus berkomitmen untuk meningkatkan fitur dan utilitasnya. Sehingga, selain sebagai pusat pengalaman berbelanja yang modern dan nyaman, JD.ID X juga akan kami jadikan sebagai pusat pembelajaran pengembangan teknologi yang berkelanjutan,” jelas Li.
Langkah itu diambil JD.ID karena meyakini bahwa teknologi AI memiliki banyak potensi yang dapat digunakan di semua lini bisnis, termasuk e-commerce yang menjadi bisnis inti JD.ID.
“Ke depan, masyarakat akan sangat terbiasa melakukan aktivitas berbelanja harian secara non-tunai,” kata Project Manager JD.ID X Eyvette Tung.
Tung menjelaskan bahwa JD.ID telah mengembangkan teknologi pemindai wajah yang sangat personal sehingga pelanggan merasa lebih nyaman.
Berbagai produk yang dibeli di JD.ID X terhubung langsung dengang akun pelanggan di JD.ID yang memungkinkan proses pembayaran lebih mudah.
Produk-produk yang ditawarkan di JD.ID X antara lain busana, kosmetik, aksesori dan produk kecantikan, alat-alat rumah tangga non-elektronik, dan kebutuhan sehari-hari.
Selain itu, ada juga produk-produk private label yang eksklusif untuk toko tanpa kasir tersebut.
Di China, JD.ID dan Alibaba.com, rival kuatnya, telah bersaing mengembangkan jaringan ritel termutakhir tersebut.•
—Intan Wulandari, TechnoBusiness ID • Foto-Foto: JD.ID
You may like
-
TokoTalk: “Kami Berangkat dari Layanan Berbasis Chatbot”
-
Shopee, E-commerce Paling Populer di Asia Tenggara
-
Hadi Kuncoro: E-commerce Perbanyak Barang Impor Itu Begini Hitung-Hitungannya…
-
E-commerce Indonesia Tumbuh di Atas Rata-Rata Global
-
E-commerce Melesat, Toko Offline Meredup
-
China jadi Pasar E-commerce Terbesar Dunia
-
E-commerce Indonesia Punya Sejumlah Tantangan
-
Strategi Jet Commerce Taklukkan Pasar E-commerce
-
Model O2O Terbaru Suning.com Dongkrak Penjualan 155%