TechnoBusiness Insights
China jadi Pasar E-commerce Terbesar Dunia

China menyumbang nilai transaksi e-commerce hingga US$1,97 triliun atau 54,7% total transaksi global.
Shenzhen, TechnoBusiness Insights ● China, atau dikenal juga dengan Republik Rakyat China, terletak di Asia bagian timur. Wilayahnya membentang seluas 9,59 juta kilometer persegi dengan Ibu Kota di Beijing.
Baca Juga: Dijegal Amerika, Pendapatan Huawei Tetap Tumbuh
Negara yang berdiri pada 1949 usai perang saudara itu kini memiliki 1,42 miliar penduduk. Berbekal populasi yang terbanyak di dunia itulah China kini menjadi pasar bagi e-commerce terbesar sejagat.
Berdasarkan data yang rilis firma riset eMarketer dan dilaporkan oleh Alizila baru-baru ini, e-commerce di China kini bernilai US$1,94 triliun. Angka itu yang terbesar di dunia, bahkan tiga kali lipat dari pasar nomor dua, Amerika Serikat.
[nextpage]
Angka itu mengartikan juga bahwa pasar e-commerce China menyumbang 54,7% dari nilai total global US$3,5 triliun. Pasar e-commerce global sendiri tumbuh 20,7%.
Baca Juga: Mengintip Arah Baru Huawei dan Honor
US$4 dari US$5, atau 80%, nilai e-commerce di China pada 2019 dihasilkan dari perangkat seluler. Angka itu melebihi 64,4% versi global.
Konsumen di China mengandalkan aplikasi pembayaran seperti Alipay Ant Financial untuk berbelanja e-commerce dan toko fisik. Sekitar 80% pengguna ponsel pintar memiliki aplikasi pembayaran online.●
Teks: TechnoBusiness Insights
Data: Alizila, eMarketer
Grafis: TechnoBusiness ID