Connect with us

TechnoBusiness Insights

Inilah Faktor Penggunaan Solusi CPaaS di Indonesia Naik Pesat

Ada beberapa faktor yang mendorong penggunaan solusi CPaaS di Indonesia meningkat.

Published

on

Jakarta, TechnoBusiness Insights ID Infobip, perusahaan spesialis komunikasi omnichannel asal London, bersama perusahaan riset pasar global IDC, mengungkapkan bahwa penggunaan solusi Communication Platform as a Service (CPaaS) di Indonesia mulai meningkat.

Dalam laporan IDC InfoBrief terbaru, Indonesia menempati urutan ketiga di Asia Tenggara, di bawah Filipina dan Thailand, dalam penggunaan solusi CPaaS untuk bisnis. Saat ini, 57% bisnis di Indonesia sudah menggunakan solusi CPaaS yang didorong oleh beberapa faktor.

Baca Juga: Kaspersky: Terjadi 7 Juta Ancaman Keamanan Siber di Indonesia

Faktor-faktor itu, antara lain adanya transformasi digital, perluasan bisnis, penciptaan aliran pendapatan baru, dan peningkatan produktivitas karyawan. Sebagian besar perusahaan menggunakan solusi CPaaS karena ingin memberikan pengalaman pelanggan yang unik dan kompetitif.

Advertisement

“Perdagangan percakapan menjadi hal penting bagi bisnis agar dapat bersaing dalam era digital. Karena itu, 67% bisnis di Indonesia berencana meningkatkan investasi terhadap platform komunikasi bisnis sepanjang 2023-2024,” kata Rifa Haryadi, Country Manager Infobip Indonesia.

Contohnya, bank-bank di Indonesia telah menggunakan platform kolaborasi tersemat seperti video, file-sharing, dan perpesanan yang menyederhanakan komunikasi perusahaan dengan pelanggan sehingga memangkas waktu tunggu percakapan hingga 50%.

Selain perbankan, perusahaan dari industri asuransi, ritel, e-commerce, aplikasi on-demand, menjadi pengadopsi solusi CPaaS di Indonesia paling banyak. Perusahaan-perusahaan tersebut termotivasi menggunakan CPaaS untuk meningkatkan pengalaman pelanggan dan pendapatan baru.

Baca Juga: Walmart Tetap Pertahankan Posisi Puncak Fortune Global 500

“Eksistensi solusi CPaaS semakin diakui sebagai katalis penting yang mendukung pengalaman perdagangan percakapan,” ungkap Nikhil Batra, Research Director untuk Industri Telekomunikasi IDC Asia Pasifik, menambahkan.

Advertisement

Buktinya, 27% bisnis di Asia Pasifik secara aktif bermitra dengan penyedia solusi CPaaS untuk menghadirkan interaksi dengan pelanggan yang kontekstual, tidak hanya untuk meningkatkan profitabilitas, tapi juga mendorong interaksi yang memuaskan secara emosional.

Teks: TechnoBusiness Insights ID

Data: IDC dan Infobip, Agustus 2023

Foto: Pixabay

Advertisement

TechnoBusiness, Menara Astra Lt. 25 Unit 25D, Jalan Jend. Sudirman Kav. 5-6, Jakarta 10220, Telp: (021) 50889816. Copyright © 2017-2024 TechnoBusiness, A Member of Pasxmedia Holding. All Rights Reserved.