Connect with us

TechnoBusiness Insights

Manusia Penyebab Insiden Keamanan Siber dengan Keparahan Tinggi

Insiden terbanyak terjadi di sektor pemerintahan dan perusahaan teknologi.

Published

on

Foto: Pixabay

Dua insiden keamanan siber dengan tingkat keparahan tinggi yang melibatkan manusia pada 2023 terjadi per harinya.

Insiden terbanyak terjadi di sektor pemerintahan diikuti perusahaan teknologi dan keuangan.

Jakarta, TechnoBusiness Insights ID Baru-baru ini, Tim Managed Detection and Response Kaspersky mengungkapkan bahwa insiden keamanan siber di berbagai sektor masih cukup tinggi. Bahkan, lebih dari dua insiden keamanan siber dengan tingkat keparahan tinggi yang melibatkan manusia secara langsung pada 2023 terjadi per harinya.

Advertisement

TechnoBusiness Insights: BRICS dan 100 Negara Lainnya Pertimbangkan Mata Uang Digital

Sebanyak 22,9% insiden dengan tingkat keparahan tinggi terjadi di sektor pemerintahan; 15,4% di sektor teknologi informasi; dan 14,9% di sektor keuangan. Insiden tersebut hampir 25% disebabkan oleh manusia. Lebih dari 20% melibatkan berbagai jenis pelatihan siber yang sebelumnya diklasifikasikan sebagai serangan yang ditargetkan.

“Pada 2023, Kaspersky mendeteksi sejumlah kecil insiden dengan tingkat keparahan tinggi dan peningkatan secara simultan dalam jumlah insiden dengan tingkat keparahan sedang dan rendah,” ungkap Sergey Soldatov, Kepala Pusat Operasi Keamanan Kaspersky.

TechnoBusiness News: Saling Salip Apple-Samsung di Pasar Smartphone, Huawei Menghilang

Meski persentase insiden dengan tingkat keparahan tinggi cukup rendah, bukan berarti tingkat kerusakannya juga rendah. Menurut Soldatov, serangan tertarget kini direncanakan dengan lebih hati-hati dan menjadi lebih berbahaya. Oleh karena itu, perusahaan disarankan untuk menggunakan solusi keamanan siber otomatis yang efektif.

Advertisement

Teks: TechnoBusiness Insights ID

Data: Kaspersky, April 2024

Foto: Kaspersky

Advertisement