Connect with us

Hot News

Ekonomi Digital Menjadi Bahasan Penting KTT G20

Published

on

  • KTT G20 yang berlangsung di China pada 4-5 September 2016 mengusung tiga pilar utama.
  • “Ketiga pilar itu, yaitu inovasi, revolusi industri baru, dan ekonomi digital.”

 

Negara-negara yang tergabung dalam G20 selama dua hari sejak kemarin mengadakan konferensi tingkat tinggi (KTT) di Hangzhou International Expo Center, China. Sebagai salah satu anggota, Indonesia pun turut dalam acara tersebut. Presiden Joko Widodo beserta para menterinya hadir. Bahkan, Presiden Jokowi didaulat menjadi pembicara utama.

Ada tiga pilar utama yang dibahas dalam KTT itu, yakni inovasi, revolusi industri baru, dan ekonomi digital. Menurut Menteri Luar Negeri Indonesia Retno Marsudi, saking pentingnya, ketiga pilar tersebut akan diterjemahkan ke dalam lima sesi acara. “Presiden Jokowi bertindak sebagai pembicara utama pada sesi kedua esok hari,” katanya.

Sebelum itu, Presiden Jokowi melakukan kunjungan ke Huawei Technologies. Seperti diketahui, Huawei merupakan produsen ponsel pintar terbesar ketiga setelah Samsung dan Apple. Dalam kunjungannya itu, Presiden disambut oleh Chairwoman Huawei Technologies Ms Sun Yafang dan membahas berbagai kemungkinan kerja sama, salah satunya di bidang pendidikan dengan memanfaatkan Research Centers milik Huawei di China, Eropa, dan Amerika Serikat.

“Huawei juga sudah bekerja sama dengan enam universitas besar di Indonesia untuk alih teknologi,” jelas Retno di Hangzhou kemarin. Dalam penyelenggaraan Asian Games di Jakarta pada 2018, lanjut Retno, Indonesia juga berencana menggunakan teknologi Huawei seperti jaringan 4.5G untuk diimplementasikan di Jakarta dan Palembang.

Tidak hanya itu, pemerintah Indonesia juga akan bekerja sama dengan Huawei untuk penguatan smart city. Indonesia saat ini tengah menggalakkan penerapan smart city di berbagai kota dan Huawei, sebagai perusahaan teknologi terkemuka di dunia asal China, telah digandeng untuk mewujudkannya. “Contohnya Kota Bandung yang sudah bekerja sama dengan Huawei untuk safe city,” ungkap Retno.●–Zhang Ju, TechnoBusiness

Advertisement

Data TechnoBusiness

G20G20 merupakan kelompok 19 negara dengan pertumbuhan ekonomi terbesar di dunia ditambah Uni Eropa. Sesuai nama resminya, yakni The Group of Twenty (G-20) Finance Ministers and Central Bank Governors, perkumpulan yang dibentuk pada 1999 ini sebenarnya menjadi forum konsultasi para menteri keuangan dan gubernur sentral. Konferensi pertama diadakan di Berlin, Jerman.


 

Continue Reading
Advertisement
3 Comments

3 Comments

  1. WarrenIra

    12/02/2022 at 10:48 PM

    wow truly an awful complacent thanks so much for share-out i will confabulate this capital web site every bingle

  2. DavisMarshall

    13/02/2022 at 5:22 AM

    thank you for the amazing post

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *