Connect with us

Hot News

Produksi Lensa EF Canon Capai 120 Juta Unit

Published

on

  • Sejak pertama kali diperkenalkan pada 1987, lensa tukar pasang untuk kamera SLR Canon kini telah diproduksi sebanyak 10 juta unit.
  • Lensa EF merupakan salah satu keunggulan dan alasan pengguna memilih kamera DSLR Canon.”

 

Canon Inc., salah satu pemimpin pasar pencitraan digital global asal Jepang, per 26 Agustus lalu mengumumkan telah menyelesaikan produksi lensa tukang pasangnya yang ke-120 juta unit. Lensa yang dibutuhkan para penggemar fotografi itu dalam sejarahnya diperkenalkan pertama kali pada 1987 dan sampai saat ini telah memiliki 97 model.

ef 120millionSemula lensa tukar pasang Canon EF dipabrikasi di Utsunomiya Plant, kawasan industri di kota terpadat dari Perfektur Tochigi, Kanto Utara Jepang. Seiring meningkatnya permintaan, Canon lantas membuka satu pabrik lagi di Perfektur Oita, Pulau Kyushu, Jepang; dan dua pabrik di luar Jepang, yakni Taiwan dan Malaysia.

Menurut data yang diperoleh TechnoBusiness dari Canon Inc., jumlah produksi sebanyak 10 juta unit telah diraih pada 1995, 50 juta unit pada 2009, dan 100 juta pada April 2014. Dalam dua tahun terakhir, Canon berhasil menambah 20 juta unit lensa tukar pasang EF. Itu artinya, Canon EF telah menjadi pemimpin pasar lensa tukar pasang selama 13 tahun sejak 2003.

“Lensa EF merupakan salah satu keunggulan dan alasan pengguna memilih kamera DSLR Canon, termasuk pengguna di Indonesia,” kata Merry Harun, Direktur Divisi Canon PT Datascrip, di Jakarta, Rabu (21/9). “Teknologi dan kualias lensa EF memberikan kepuasan untuk menghasilkan gambar yang tajam dari setiap bidikan. Banyaknya model memberikan keleluasaan bagi pengguna untuk memilih sesuai kebutuhan.”

Ada beberapa hasil inovasi teknologi Canon terkait produk lensa tukar pasang ini, antara lain Ultrasonic Motor, Image Stabilizer, elemen lensa Optik Difraktif, dan lapisan khusus Subwavelength Structure Coating. “Tidak sampai di situ, Canon akan terus menghadirkan produk-produk berkualitas untuk berbagai kebutuhan, mulai dari tingkat pemula hingga profesional, baik untuk fotografi maupun videografi,” tambah Merry.●

Anwar Ibrahim, TechnoBusiness ID; Foto-Foto: Datascrip

Advertisement

 


Data TechnoBusiness

Canon Inc., perusahaan multinasional yang bergerak di bidang fotografi berbasis di Tokyo, Jepang, didirikan pada 1933 oleh Yoshida Goro bersama adik iparnya, Uchida Saburo. Proyek yang semula untuk riset pengembangan kamera berkualitas itu didanai oleh Takeshi Mitarai, teman dekat Uchida, dengan produk pertamanya Kwanon.

Advertisement