Connect with us

TechnoBusiness Insights

5 Pemimpin Pasar Printer Format Besar Global 2019

Published

on

Inilah lima pemimpin pasar printer format besar global per kuartal 3/2019 menurut penghitungan firma riset pasar IDC.

Massachussetts, TechnoBusiness Insights ● Barangkali Anda mengira pasar printer format besar (large format printer) global sedang tumbuh pesat menyusul banyaknya pusat-pusat percetakan baru di berbagai sudut kota.

Baca Juga: Diam-Diam Cisco Merancang Teknologi Internet Baru, Lho!

Tapi, perkiraan Anda itu salah. Berdasarkan data IDC, pasar printer format besar global per kuartal 3/2019 justru sedang menurun secara moderat sebesar 0,5% dibanding kuartal sebelumnya.

Yang dimaksud printer format besar yaitu printer-printer berukuran besar yang mendukung bisnis-bisnis pencetakan spanduk, baliho, banner, dan semacamnya.

Advertisement

Penurunan kinerja pasar printer format besar itu dipengaruhi oleh melemahkan permintaan di Eropa Barat, meskipun permintaan dari Jepang serta Eropa Tengah dan Timur meningkat.

Baca Juga: 10 Merek Teknologi Paling Bernilai Sejagat 2019

“Sementara pasar printer format besar melemah, ada beberapa bidang pertumbuhan yang mengejutkan ketika kita masuk ke rincian berdasarkan teknologi dan wilayah,” ungkap Tim Green, Research Director Hardcopy Solution.

Tiga Merek

Dalam laporan IDC tersebut, tiga merek, yakni HP, Canon, dan Epson, masih terus kokoh di posisi puncak pasar printer format besar global.

Advertisement

HP memimpin pasar printer format besar kuartal 3/2019 dengan pangsa unit pengiriman sebesar 33,8%, jauh di atas Canon yang berada di posisi kedua dengan 19,4%.

Baca Juga: Pasar eSIM Global Diperkirakan Bernilai US$700 Juta

Secara pangsa nilai pengiriman pun HP lebih besar daripada kompetitor dengan menguasai 22,3%, sedangkan Canon menguasai 10,0%.

Di posisi ketiga ditempati Epson yang mencatatkan pangsa pengiriman sebesar 17,1% dengan pangsa nilai pengiriman 8,5%.

Untuk diketahui, IDC menghitung berdasarkan jumlah unit pengiriman (shipment share) dan nilai pengiriman (shipment value share), sehingga tak otomatis mengartikan seberapa besar pangsa pasar (market share) merek-merek tersebut.

Advertisement

Baca Juga: 20 Pusat Perbelanjaan Termahal di Dunia 2019

Juga, disayangkan IDC tak membuka seberapa besar jumlah total unit dan nilai unit printer format besar yang dikirimkan ke seantero jagat selama masa penghitungan kepada publik (yang mungkin hanya untuk kliennya).●

Teks: TechnoBusiness Insights

Data: IDC, Desember 2019

Infografis: Patrick Wilson/TechnoBusiness Infographic  

Advertisement